Kompas.com - 04/04/2018, 11:54 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com – Kritikan yang dilontarkan oleh juri soal rendang ayam yang renyah dalam kompetisi memasak MasterChef UK ini menjadi perbincangan banyak orang. Hal tersebut pun membuat Perdana Menteri Malaysia Najib Razak angkat bicara dan menuliskannya di media sosial twitter.

“Mana ada orang makan rendang ayam ‘crispy’?” tulis Najib di akun twitter miliknya.

Unggahan Najib pun menuai reaksi dari warganet. Beberapa dari mereka mendukung pernyataan dan sependapat dengan Najib bahwa tidak ada rendang ayam yang renyah.

Perbincangan ini pun terjadi bermula dari salah satu kontestan MasterChef UK bernama Zaleha Kadir Olpin memilih untuk membuat hidangan nasi lemak dengan rendang ayam. Menu nasi lemak ini adalah salah satu makanan kesukaannya sejak kecil.

Baca juga : Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Crispy

Akan tetapi setelah para juri menyicipi hidangan tersebut, John Torode dan Gregg Wallace mengkritik karena kulit rendang ayam tidak cukup renyah.

“Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua sausnya ada di kulit, saya tidak bisa makan," kata Wallace.

Keriuhan ini pun ditanggapi oleh Komisaris Tinggi Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell memberikan pendapat soal kritikan dari dua juri MasterChef UK.

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Menurut dia, rendang merupakan makanan nasional ikonik. Selain di Malaysia, ada pula di Indonesia namun dengan varian yang berbeda. Namun, ia menekankan bahwa rendang tidaklah renyah.

Rendang bisa menggunakan (daging) ayam, domba, atau sapi, tapi tidak pernah renyah,” tulis Vicki dalam akun media sosial twitter miliknya.

Sementara itu, komentar warganet pun beragam. Salah satu dari mereka mengatakan bila ingin mendapatkan ayam yang renyah maka bisa datang ke restoran cepat saji seperti KFC.

Lalu juga warganet menilai juri dari MasterChef UK ini tidak bisa menilai soal makanan yang berasal dari budaya yang berbeda. Pada akhirnya, Zuleha pun harus patah hati karena tereleminasi dari kompetisi tersebut usai menghidangkan nasi lemak dengan rendang ayam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.