Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan PM Malaysia dan Komisioner Inggris soal Rendang “Crispy”

Kompas.com - 04/04/2018, 11:54 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Kritikan yang dilontarkan oleh juri soal rendang ayam yang renyah dalam kompetisi memasak MasterChef UK ini menjadi perbincangan banyak orang. Hal tersebut pun membuat Perdana Menteri Malaysia Najib Razak angkat bicara dan menuliskannya di media sosial twitter.

“Mana ada orang makan rendang ayam ‘crispy’?” tulis Najib di akun twitter miliknya.

Unggahan Najib pun menuai reaksi dari warganet. Beberapa dari mereka mendukung pernyataan dan sependapat dengan Najib bahwa tidak ada rendang ayam yang renyah.

Perbincangan ini pun terjadi bermula dari salah satu kontestan MasterChef UK bernama Zaleha Kadir Olpin memilih untuk membuat hidangan nasi lemak dengan rendang ayam. Menu nasi lemak ini adalah salah satu makanan kesukaannya sejak kecil.

Baca juga : Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Crispy

Akan tetapi setelah para juri menyicipi hidangan tersebut, John Torode dan Gregg Wallace mengkritik karena kulit rendang ayam tidak cukup renyah.

“Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua sausnya ada di kulit, saya tidak bisa makan," kata Wallace.

Keriuhan ini pun ditanggapi oleh Komisaris Tinggi Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell memberikan pendapat soal kritikan dari dua juri MasterChef UK.

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Menurut dia, rendang merupakan makanan nasional ikonik. Selain di Malaysia, ada pula di Indonesia namun dengan varian yang berbeda. Namun, ia menekankan bahwa rendang tidaklah renyah.

Rendang bisa menggunakan (daging) ayam, domba, atau sapi, tapi tidak pernah renyah,” tulis Vicki dalam akun media sosial twitter miliknya.

Sementara itu, komentar warganet pun beragam. Salah satu dari mereka mengatakan bila ingin mendapatkan ayam yang renyah maka bisa datang ke restoran cepat saji seperti KFC.

Lalu juga warganet menilai juri dari MasterChef UK ini tidak bisa menilai soal makanan yang berasal dari budaya yang berbeda. Pada akhirnya, Zuleha pun harus patah hati karena tereleminasi dari kompetisi tersebut usai menghidangkan nasi lemak dengan rendang ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com