Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendang Daging Ayam Tak Kalah Lezat dari Daging Sapi

Kompas.com - 04/04/2018, 13:15 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lazimnya rendang memang identik dengan daging sapi, tetapi ternyata daging lainnya pun bisa menjadi rendang.

Reno Andam Suri, penulis buku "Rendang Traveler" mengatakan rendang bukanlah nama masakan. Rendang merupakan proses memasak yang dimulai dari gulai, kalio sampai akhirnya menjadi rendang.

Baca juga : Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Crispy

Itu sebabnya, tidak hanya daging sapi yang bisa direndang tapi juga daging ayam, dan beragam bahan lainnya. Bahkan adat Minangkabau terdahulu menggunakan daging kerbau untuk hidangan rendang.

"Kemungkinan dulu itu rendang pertama kali dikenal menggunakan daging kerbau," ujar Reno Andam Suri saat dihubungi KompasTravel, Senin (25/7/2016).

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Daging ayam bisa jadi pilihan olahan rendang karena bahan bakunya lebih mudah, ketimbang daging sapi, apalagi kerbau.

Nasi lemak dengan rendang ayam dibuat oleh kontestan MasterChef, Zaleha Kadir Olpin yang dikritik oleh para juri. Instagram Zaleha Kadir Olpin Nasi lemak dengan rendang ayam dibuat oleh kontestan MasterChef, Zaleha Kadir Olpin yang dikritik oleh para juri.
Dalam penyajiannya pun rendang daging ayam bisa digiling dengan bumbu rendang, disuwir, atau dipotong utuh seperti sapi. Sehingga bisa lebih menghemat modal bahan daging.

Selain itu, proses memasak rendang ayam juga lebih cepat. Daging ayam dinilai lebih mudah empuk dan meresap, dibanding daging sapi apalagi daging kerbau yang padat.

Meski rendang umumnya merupakan masakan khas Sumatera Barat, rendang ayam banyak ditemukan di daerah Kapau. Maka tidak heran biasa disajikan di restoran Nasi Kapau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com