Kompas.com - 04/04/2018, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bosan dengan olahan rendang daging sapi? Saatnya Anda mencicip aneka olahan rendang lain yang tidak biasa ini.

Walaupun sajian rendang lazimnya menggunakan daging sapi, ternyata di daerah asalnya, Minangkabau, Sumatera Barat, Anda dapat menemukan berbagai macam olehan rendang. Mulai dari rendang beraneka daging, hingga rendang dari daun dan umbi-umbian.

Baca juga : Juri MasterChef UK Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Crispy

Reno Andam Suri, penulis buku "Rendang Traveler" mengatakan kepada KompasTravel, setiap daerah di Sumatera Barat memiliki bahan khas untuk diolah menjadi rendang.

"Mereka akan menggunakan bahan apa yang ada di daerah mereka. Pada dasarnya tidak ada batasan benar atau salahnya rendang berdasarkan bahan baku," tutur Uni Reno, Senin (25/7/2016).

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Berikut dirangkum dari berbagai artikel KompasTravel mengenai rendang.

1. Rendang Belut

Rendang belut.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Rendang belut.
Rendang ini banyak ditemukan di Lintau dan Batusangkar. Rendang belut yang dimasak dengan aneka daun dari tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah hingga hutan belantara.

Jumlah daun yang dipakai untuk rendang belut sekitar 100 jenis, antara lain daun ruku-ruku, aneka puding (puring), surian, daun asam kasambi.

Baca juga : Rendang Daging Ayam Tak Kalah Lezat dari Daging Sapi

 

Proses memasaknya hampir sama dengan rendang daging. Santan pati dan bumbu dimasak hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu masukkan daging belut yang sebelumnya telah dibakar disusul dedaunan.

2. Rendang Daging Kambing

Daging kambing ternyata juga sedap untuk diolah dengan teknik rendang. Beragam rempah yang banyak di bumbu rendang cukup untuk menutup bau prengus daging kambing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.