Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 5 Fakta Menarik dari Rendang!

Kompas.com - 05/04/2018, 06:51 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.comRendang saat ini ramai menjadi perbincangan warganet asal Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Warganet pun dihebohkan karena ada peristiwa juri kontes memasak MasterChef UK memberikan kritik pada rendang ayam pada nasi lemak yang dibuat oleh salah satu kontestan.

Baca juga : Empat Negara Bersatu Bela Rendang

Nah, sebelumnya Anda pun harus mengetahui fakta-fakta menarik dari rendang berikut ini yang dihimpun KompasTravel.

1. Bukan Nama Masakan

Seorang penulis buku “Rendang Traveler”, Reno Andam Suri menjelaskan bahwa sebenarnya rendang itu bukanlah nama masakan. Rendang merupakan proses memasak yang dimulai dari gulai, kalio sampai akhirnya menjadi rendang.

2. Tak Hanya Menggunakan Daging Sapi

Umumnya rendang terkenal memang menggunakan daging sapi. Namun, ternyata daging-daging lain pun bisa direndang. Seperti di antaranya daging ayam, bebek, kambing, itik, kerang, telur, kerbau, hingga aneka daun tanaman.

Rendang belut.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Rendang belut.

3. Makanan Adat Khas Sumatera Barat

Rendang adalah salah satu menu yang selalu hadir di setiap acara adat Minangkabau sejak zaman dahulu. Memasak rendang ini pula membutuhkan waktu yang lama, karena menunggu hingga benar-benar daging lebih kering.

4. Hidangan Istimewa

Tak hanya sekadar makanan, bagi orang Minangkabau, rendang adalah martabat orang Minang. Rendang pula sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Minang yang tak bisa dipisahkan. Pembuatan rendang yang cukup lama dengan penuh kesabaran pun membuat makanan ini menjadi istimewa.

5. Rendang Warnanya Coklat Kehitaman

Reno mengatakan tidak ada patokan menentukan rendang mana yang paling enak. Akan tetapi dia memberikan cara termudah menentukan yang mana yang benar-benar sudah menjadi rendang.

“Rendang yang paling 'paripurna' itu warnanya benar-benar gelap. Bahkan kalau di daerah aslinya, daging rendang cenderung keras karena dimasak sangat lama,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com