Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kisaran Harga Liburan ke TN Komodo?

Kompas.com - 05/04/2018, 19:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur beberapa tahun belakangan menjadi destinasi tren di kalangan wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara banyak yang berminat untuk berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo.

Hal yang menarik dari kasawan Taman Nasional Komodo, selain dapat melihat hewan purba asli Indonesia juga dapat melihat pemandangan alam yang indah. Baik alam bawah laut maupun kontur pulau di kawasan Taman Nasional Komodo memiliki ciri khas tersendiri dan luar biasa cantik.

Dari segi harga transportasi, akomodasi, dan makanan ke kawasan Taman Nasional Komodo juga sangat variatif. Lewat pengalaman berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo dapat dibilang harganya lebih terjangkau dari destinasi liburan eksotis lain di Timur Indonesia, misal Raja Ampat.

Berikut adalah uraian harga untuk berlibur di Taman Nasional Komodo:

1. Transportasi antar kota

Saat ini ada banyak maskapai yang membuka rute ke Labuan Bajo. Dari Jakarta ada Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air. Harga tiket dimulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta sekali jalan.

Jika mengambil penerbangan termurah maka pulang pergi dihargai Rp 2 juta. Rata-rata penerbangan ke Labuan Bajo melakukan transit di Denpasar, tetapi ada maskapai yang melakukan penerbangan langsung dengan durasi sekitar dua jam.

Turis asing snorkeling di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dan keindahan bawah laut di sekitar pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke pantai itu, Rabu (10/5/2017). KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis asing snorkeling di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dan keindahan bawah laut di sekitar pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke pantai itu, Rabu (10/5/2017).
2. Akomodasi

Pilihan akomodasi di kawasan Taman Nasional Komodo ada dua, yakni menginap di kapal atau menginap di penginapan di Labuan Bajo. Harga homestay di Labuan Bajo mulai Rp 100.000 per malam.

Di sana juga tersedia resort bintang lima seperti Plataran Komodo Resort & Spa. Sementara untuk menginap di kapal, rata-rata berkisar mulai Rp 2,5 juta untuk tiga hari dua malam sudah termasuk makan, dan transportasi.

Turis mancanegara sedang berjemur di bawah terik matahari di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2017). Turis sangat suka dengan keunikan pantai berpasir merah muda di kawasan itu.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis mancanegara sedang berjemur di bawah terik matahari di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2017). Turis sangat suka dengan keunikan pantai berpasir merah muda di kawasan itu.
3. Transportasi lokal

Jika menginap di Labuan Bajo, dapat memilih sewa sepeda motor seharga Rp 75.000 per hari. Sedangkan untuk lompat pulau, harga kapal termurah sekitar Rp 250.000 per orang (tergantung jarak pulau, jenis kapal, dan tawar menawar harga).

4. Makanan

Di Labuan Bajo justru harga makanan yang cenderung mahal. Saran KompasTravel, bertanyalah sebelum membeli makanan.

Tak jarang pedagang memberi harga yang berbeda kepada pendatang atau wisatawan. Satu kali makan di Labuan Bajo berkisar Rp 25.000-50.000 untuk warung kaki lima. Di sana, banyak kafe dan restoran yang menyediakan makanan ala Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com