Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Antre Pameran Wisata? Kini Ada Jasa Titip Beli Tiket

Kompas.com - 06/04/2018, 16:23 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang mau atau sanggup untuk berdesak-desakan mengantre sedari subuh untuk mendapat tiket pesawat murah. Uniknya, ada saja orang yang melihat peluang dari hal ini dengan membuka usaha jasa titip tiket di pameran wisata.

Salah satunya adalah Yuliana Setyani, yang membuka jasa membeli tiket titipan di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2018.

“Ide awalnya karena memang sekarang lagi marak jasa titip, tetapi ini juga khusus karena awalnya keluarga banyak yang nitip juga. Saya pikir kenapa tidak sekalian buka jasa, jadi membantu orang banyak dapat harga terbaik untuk liburan,” kata Yuliana saat dihubungi KompasTravel, Jumat (6/4/2018).

Yuliana mengatakan peminat jasa titip tiket di pameran wisata ini sangat banyak. Terutama untuk masyarakat yang tidak tinggal di Jakarta atau berhalangan hadir ke GATF.

“Banyak juga yang dari Jakarta, beberapa malas antre dan mau terima beres saja,” kata Yuliana.

Baca juga : Rela Antre Sejak Subuh Demi Dapatkan Cashback di GATF 2018

Untuk menitip tiket pesawat di GATF 2018, Yuliana menjelaskan ada beberapa aturan yang diberlakukan bagi penitip. Pertama penitip perlu memberikan data berupa nama panjang, destinasi, dan waktu keberangkatan.

Selanjutnya penitip wajib memberi deposit uang dalam jumlah tertentu, tergantung dari destinasinya. Deposit wajib diberikan H-1 GATF 2018 berarti pada Kamis (5/4/2018). Saat Yuliana sudah di lokasi GATF 2018, maka ia akan menginformasikan harga tiket pasti. Jika setuju, maka tiket akan langsung dibelikan oleh Yuliana dan uang sisa tiket harus dibayarkan.

Ia memberi tarif dari jasa titipnya Rp 100.000 untuk per satu nama penumpang. Jika membeli tiket lebih dari 10 penumpang, Yuliana juga memberi potongan tarif jasa titip.

Baca juga : Harga Tiket Rute Internasional di GATF 2018, Mulai Rp 1,3 juta PP Malaysia

Jasa titip sebenarnya sudah tidak asing untuk produk barang. Namun khusus di pameran wisata seperti GATF, jasa titip ini masih terbilang baru.

Diperlukan rasa saling percaya dalam transaksi jasa titip. Maka tak heran, kebanyakan orang selama ini mengandalkan keluarga atau teman untuk membeli tiket di pameran wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com