Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Seluk-beluk Biji Kopi dalam "Spilling the Beans"

Kompas.com - 07/04/2018, 14:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabtu (7/4/2018) mulai pukul 09.00, satu per satu pecinta kopi menyambangi gerai Caribou Coffee yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Ini adalah kali kedua Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee dalam menggelar kelas kopi.

Kelas kopi kali ini bertema “Spilling the Beans”. Para peserta diajak menelaah biji kopi mulai dari aroma sampai tingkat keasaman.

Ada delapan jenis kopi yang disajikan, dengan tingkat bervariasi mulai dari light roast hingga dark roast. Cita rasanya pun beragam mulai dari earthy, nutty, hingga fruity.

Baca juga : Keren Banget, Ini Serunya Kelas Kopi Kompas.com Bersama Caribou Coffee

“Tiap biji kopi punya cita rasa, aroma yang berbeda. Saatnya kita mengupas satu per satu dengan bantuan aroma card,” tutur Vanda Puspa Lestari selaku Coffee Expert Caribou Coffee.

Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan.

Di atas meja disajikan aroma card dengan tambahan lemon segar, kacang, blueberry, kayu manis, dan masih banyak lagi. Beda biji kopi, beda lagi aroma cardnya.

Baca juga : Tips Membuat Kopi Manual Brew di Rumah

Tiap peserta juga diberikan kertas untuk mengisi hasil pemikiran mereka tentang masing-masing biji kopi. Peserta mengisi sendiri tingkat aroma, body, acidity, hingga flavour dan finish.

Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Aroma card berbentuk papan dengan penjelasan aroma lewat bahan segar yang disajikan. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
“Berguna banget acara hari ini. Dulu aku nggak tahu kopi ada begitu banyak ragam rasa. Penafsiran rasanya pun berbeda tiap orang, tergantung makanan yang biasa dikonsumsi sebelumnya,” tutur Desi, salah satu peserta “Spilling the Beans”.

Peserta lainnya, Amir, mengemukakan hal serupa. Menurutnya, acara kali ini sangat bermanfaat karena bisa mengupas tuntas seputar biji kopi.

“Sangat bermanfaat, seharusnya ada lagi acara seperti ini ke depannya,” tuturnya.

Peserta menghirup salah satu varian kopi, Caribou Blend. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.com/SRI ANINDIATI NURSASTRI Peserta menghirup salah satu varian kopi, Caribou Blend. Sebanyak 18 peserta mengikuti kelas kopi bertema Spilling the Beans yang digelar Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).
Para peserta juga mengikuti Social Media Competition dengan hadiah merchandise dari Kompas.com dan Caribou Coffee.

Bagi yang belum mendapat kesempatan untuk menjadi peserta, jangan khawatir, masih ada kelas kopi selanjutnya yang digelar oleh Kompas.com bekerja sama dengan Caribou Coffee. Tunggu pengumuman dari kami selanjutnya ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com