Kompas.com - 07/04/2018, 17:29 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke Songgon, Jumat (6/4/2018). ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGIMenteri BUMN Rini Soemarno dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke Songgon, Jumat (6/4/2018).

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pesona durian merah Banyuwangi mampu memikat Menteri BUMN Rini Soemarno. Saat melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (6/4/2018), Rini spontan mengagendakan kunjungan ke Kampung Durian, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Di sana, Rini menikmati berbagai jenis durian Banyuwang.

Tiba di Kampung Durian, Rini langsung menikmati beragam durian. Tentu saja yang tak boleh terlewat adalah durian merah, varian durian banyuwangi yang diburu penggemar durian dalam dan luar negeri. “Top-top,” kata Rini yang tak henti mengacungkan jempol tanda merasakan lezatnya durian tersebut.

Baca juga : Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi

Rini pun menikmati durian Boneng yang juga salah satu favorit di Kampung Durian. "Durian Boneng ini enak banget. Ini durian asli Banyuwangi," kata Rini dengan semangat didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Durian Boneng merupakan varietas yang hanya ada satu pohon di Banyuwangi. Durian ini tidak memiliki biji. Kalau pun ada, bijinya sangat kecil. Durian Boneng kini mulai dikembangkan untuk diperbanyak di Banyuwangi.

Baca juga : Mau Membudidayakan Durian Merah, Ini Caranya...

Rini mencicipi berbagai varietas durian yang ada, seperti durian pink, oranye, pelangi, mentega, dan lainnya. "Di sini sangat nyaman. Menikmati durian sambil menikmati suasana alam yang asri, udara sejuk, dan mendengar suara burung. Saya betah berlama-lama di sini," kata Rini.

Selain durian, Rini juga menikmati aneka buah lokal yang ada, seperti buah manggis, nangka merah, dan kepundung.

Durian merah dan durian oranye dari Songgon Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Durian merah dan durian oranye dari Songgon Banyuwangi, Jawa Timur.
Bahkan, Rini secara khusus memborong dua dus atau 20 durian, satu dus nangka merah, dan satu dus manggis untuk dibawa ke Jakarta. "Waduh, saya kok borong banyak buah dari Banyuwangi," ujar Rini.

Di Kampung Durian ini, Rini juga menikmati aneka kuliner lokal, seperti pepes unagi yang banyak diekspor ke Jepang. “Khas dan enak banget," kata Rini.

Rini sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Banyuwangi. Bagaimana kebun durian rakyat didesain sedemikian rupa, dijadikan tempat wisata Kampung Durian. Dengan demikian, keberadaan Kampung Durian memberikan manfaat lebih bagi masyarakat.

"Ini sesuatu yang menarik. Bagaimana kebun rakyat dikemas dengan menarik, dijadikan tempat wisata Kampung Durian, sehingga rakyat memiliki nilai lebih dari kebunnya. Saya sudah minta BUMN untuk bantu kembangkan kampung ini karena potensial sekali," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.