Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajaki Indahnya Matahari Terbit di Ranu Regulo

Kompas.com - 09/04/2018, 15:01 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kaki Gunung Semeru menyimpan banyak keindahan, terutama saat Anda berada di Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gugusan ranu (danau) yang menawan menanti Anda, salah satunya Ranu Regulo.

Ranu Regulo merupakan danau terdekat dari pusat desa Ranu Pane. Berada pada ketinggian 2.100 mdpl, pesona danau Ranu Regulo membentang seluas 0,75 hektar.

Anda tinggal trekking menyusuri perbukitan dan kebun warga untuk mencapainya. Jarak dari pusat Desa Ranu Pane sekitar 2 Km atau 15 menit perjalanan.

Pemandangan perkebunan sekitar dengan tanaman sayur-mayur akan menyejukkan mata Anda. Jangan lupa sempatkan bercengkrama atau sekedar menyapa warga sekitar.

Sesampainya di Ranu Regulo, Anda akan melihat danau yang masih sangat alami. Air biru kehijauan dikelilingi pebukitan dan pepohonan cocok untuk melepas kepenatan.

Pesona Ranu Regulo di pagi hari sebelum matahari terbit, Sabtu (7/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pesona Ranu Regulo di pagi hari sebelum matahari terbit, Sabtu (7/4/2018).

Suhu 10 derajat pun menyelimuti KompasTravel saat berkunjung ke sana. Tertulis di papan, suhu di sana bisa mencapai -4 derajat Celcius.

Selain bisa menikmati keindahannya, wisatawan pun bisa memancing juga kemping di sekitarnya.

"Biasanya di sana camping boleh aja di sekitar tenda, sebelum pendakian. Tapi dingin sekali," ujar Triyono, salah satu petani sayur kepada KompasTravel, Sabtu (7/4/2018).

Tak jauh dari bibir danau juga terdapat bangunan milik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yang berfungsi sebagai kantor penelitian khusus Ranu Regulo.

Salah satu flora unik yang dibudidayakan dan diteliti TNBTS di sini ialah Anggrek Hijau. Anda bisa melihatnya di sekitar bibir danau, di antara lebatnya pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com