Kompas.com - 11/04/2018, 06:10 WIB
Rendang ShutterstockRendang

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata telah menetapkan lima makanan nasional Indonesia yang akan terus dipromosikan. Salah satunya adalah rendang.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan terus mempopulerkan rendang di kancah internasional. Salah satu caranya melalui jasa endorse koki terkenal.

“Kalau waktu rendang Malaysia populer itu kan karena dimasak oleh chef terkenal. Akhirnya ketika chef terkenal memasak satu makanan tertentu, orang mengira bahwa rendang milik Malaysia,” kata Arief saat ditemui di Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Oleh sebab itu, Menpar berencana akan mempromosikan rendang dengan cara meng-endorse koki internasional.

“Salah satu cara promosi menggunakan endorser yang baik. Kalau endorser kuliner adalah chef terkenal. Jadi ada niatan kita mengundang chef terkenal (untuk) endorse kuliner kita, untuk memasak rendang. Misalnya langsung ke Kota Padang agar tahu asal-usulnya. Mungkin (akan dilakukan) tahun depan. Kan perlu anggaran, kalau para industri mau bergotong-royong, Kemenpar bersedia mengkoordinir,” lanjut Arief.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Kemenpar Tetapkan 5 Makanan Nasional Indonesia, Ini Daftarnya

Adapun satu makanan nasional Indonesia yang telah ditetapkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah soto. Menurut Arief, soto sendiri dipilih karena dianggap paling "dekat" dengan Indonesia. Selain mudah dibuat, mudah pula ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Sementara itu, lima makanan nasional Indonesia yang ditetapkan Kemenpar adalah soto, rendang, sate, nasi goreng, dan gado-gado.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.