Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hidangan Vegetarian ala Bali dan Lombok yang Wajib Anda Coba

Kompas.com - 11/04/2018, 13:29 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lezatnya kuliner Bali dan Lombok sudah tak diragukan lagi. Tak hanya warga lokal, hidangan tradisional ala Bali dan Lombok juga digemari turis asing. 

Orang Bali dan Lombok juga pintar "menyulap" sayuran menjadi panganan vegetarian nan menyehatkan. Tak ketinggalan, rasanya juga lezat. Mulai dari plecing kangkung sampai lawar selalu dicari sebagai pendamping makanan utama.

Berikut hidangan sayur bagi vegetarian ataupun yang sedang melakukan program diet, KompasTravel rangkum dari resto Taliwang Bali, di Grand Indonesia, Jakarta.

1. Plecing kangkung

Salah satu hidangan sayur khas Lombok ini memang cukup terkenal. Berbahan dasar kangkung segar yang ditumis menggunakan bumbu beraroma khas. Selesai ditumis, kangkung disajikan dengan tauge, kelapa parut berbumbu, dan kacang goreng.

2. Lawar nangka

Lawar merupakan hidangan khas Bali. Lawar bisa dimasak menggunakan bahan non halal, tetapi bisa juga menggunakan bahan yang 100 persen halal. Di resto Taliwang Bali, lawar yang disajikan berbahan dasar nangka muda dengan irisan kacang panjang, ditumis menggunakan bumbu khasnya.

Nangka yang lembut bercampur irisan kacang panjang yang renyah, dan dibalut bumbu kunyit khas, begitu segar dan gurih.

3. Jukut urap

Jukut urap mirip dengan urap pada umumnya di Pulau Jawa, namun menggunakan bumbu kuning khas Bali yang segar. Jukut urap berbahan dasar kacang panjang yang diiris sedang, dan parutan kelapa.

4. Beberuk

Hidangan sayur yang satu ini berasal dari Lombok. Beberuk berbahan dasar terong segar yang dipotong pendek, kemudian diulek kasar bersama sambal tomat khas Lombok dan irisan bawang merah segar.

5. Tipat cantok

Sekilas hidangan ini sangat mirip dengan gado-gado atau ketoprak. Tipat sendiri dalam bahasa Bali berarti ketupat, yang jadi salah satu komponen wajib dalam hidangan ini.

Berbeda dengan ketoprak yang menggunakan soun, tipat cantok ini berisikan irisan kacang panjang, bayam, irisan tempe dan tahu, tauge, dan timun sebagai pelengkap.

Rasanya mirip dengan gado-gado, dengan saus kacang yang diulek kasar. Rasa pedas pun tidak terlalu dominan dalam bumbunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com