Viral Video Kuda di The Ranch Cisarua, Seperti Apa Tempatnya?

Kompas.com - 11/04/2018, 16:09 WIB
De Ranch Lembang, obyek wisata kuda bertemakan koboi di Lembang, Bandung. DOK. De Ranch LembangDe Ranch Lembang, obyek wisata kuda bertemakan koboi di Lembang, Bandung.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – The Ranch Cisarua kini tengah menjadi perbicangan para warganet. Hal tersebut terjadi karena kemarin, Selasa (10/4), artis peran Pevita Pearce menggunggah sebuah video yang memerlihatkan kuda diperlakukan secara tidak wajar di area The Ranch Cisarua.

Seperti apa tempat wisata The Ranch Cisarua?

General Manager The Ranch Cisarua, Uke Ridwan menjelaskan bahwa obyek wisata ini memiliki konsep yang sama dengan De Ranch Lembang.

“Ya, The Ranch Cisarua ini masih satu grup dengan yang ada di Lembang. Konsepnya juga sama, kita adalah wisata kuda,” ujar Uke kepada KompasTravel saat dihubungi, Rabu (11/4/2018).

Uke menjelaskan meski kedua obyek wisata ini memilki konsep tempat wisata yang sama, perbedaannya terletak pada tema yang diterapkan. Pengunjung akan menemukan hal yang berbeda di The Ranch Cisarua.

“Kalau soal perbedaannya sendiri, di Lembang itu wisata kuda alam koboi. Nah yang dimaksudkan di sana itu koboi pekerja, bukan yang tembak-tembakan. Kalau di Cisarua lebih mengambil tema ke abad pertengahan di Eropa,” kata Uke.

Bila wisatawan berkunjung ke De Ranch Lembang, maka biasanya bisa menunggangi kuda menggunakan kostum koboi. Di Cisarua, lanjut Uke, wisatawan bisa menggunakan kostum ala Robin Hood.

“Karena ambil temanya seperti pertengahan abad di Eropa, nanti bisa pakai kostum ala Robin Hood, seperti zaman ksatria,” tuturnya.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa bermain menggunakan kostum tersebut. Selain pada kostum, tema tersebut juga diterapkan pada struktur bangunan.

The Ranch Cisarua memiliki luas tanah yang lebih besar, sekitar 6,5 hektar. Sementara luas De Ranch Lembang sekitar 5,5 hektar. Meski lebih luas, area yang sudah dapat dinikmati para pengunjung di The Ranch Cisarua ini baru sekitar 50 persennya. 

Uke menjelaskan, di sana terdapat tempat pelatihan kuda dan wisatawan bisa menunggangi kuda. Ada pula peternakan domba dan taman kelinci, di mana bisa menjadi tempat beraktivitas anak-anak. Terdapat pula bangunan dan spot-spot foto yang instagramable.

The Ranch Cisarua berada di Jalan Raya Puncak KM 77, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari, untuk weekdays mulai pukul 09.00 WIB dan weekend mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 20.000 per orang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X