Kompas.com - 12/04/2018, 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat ditutup, layanan Transjakarta Tanah Abang Explorer kembali aktif pada Februari 2018. KompasTravel mencoba berwisata belanja di Tanah Abang menggunakan moda transportasi terbaru itu.

Terik panas di siang hari tampaknya tak pernah menyurutkan para pengais rezeki yang berbelanja di Pasar Tanah Abang. Kantung dan dus-dus besar dipanggul dan diseret oleh ibu-ibu, keluar dari layanan bus Transjakarta terbaru.

"Ngadem aja mas di bus enak, dari pada nyari blok B sambil panas-panasan," ujar seorang Satpol PP yang berjaga, setelah saya tanya lokasi Pasar Tanah Abang blok-B, Rabu (11/4/2018).

Saat itu ada enam bus yang berjejer di depan halte stasiun Tanah Abang, siap mengangkut antrean penumpang. Tiap bus pun menunggu penumpang penuh, sekitar 15 menit.

tombol darurat atau tombol stop di armada bus Transjakarta Tanah Abang Explorer untuk berwisata belanja, Rabu (11/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA tombol darurat atau tombol stop di armada bus Transjakarta Tanah Abang Explorer untuk berwisata belanja, Rabu (11/4/2018).

Setelah mendapat tiket gratis, KompasTravel masuk ke bus yang berkapasitas sekitar 40 penumpang. Kondisi bus terbilang layak, dengan pendingin dan musik. Terdapat jejeran kursi yang menghadap ke muka mobil, pegangan tangan, hingga tombol stop.

"Totalnya ada 15 bus tiap hari yang muter terus. Operasional mulai jam 08.00 sampai 15.00," ujar salah satu pengelola Transjakarta yang tidak mau disebut namanya.

Bus pun beranjak dari Jalan Kebon Jati Raya menuju Jalan Kebon Jati dengan kecepatan sekitar 15-20 kilometer per jam. Maklum keadaan Tanah Abang begitu padat, angkutan umum masih boleh melintas di Jalan Kebon Jati dengan satu arah.

"Halte Blok G, bagi yang menuju pasar Tanah Abang Blok G dan Blok F harap bersiap," ujar pengeras suara di dalam bus tersebut.

Halte pertama yang dilewati ialah halte Blok G yang mencakup pasar blok G dan F. Tidak sampai 100 meter, bus kembali berhenti di halte selanjutnya, yaitu halte Blok B.

Wisatawan memadati Transjakarta Tanah Abang Explorer untuk berwisata belanja, Rabu (11/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memadati Transjakarta Tanah Abang Explorer untuk berwisata belanja, Rabu (11/4/2018).
Halte Blok B ini yang paling banyak menururunan penumpang, karena mencakup banyak blok pasar, mulai Blok A, Blok C, Blok D, dan Metro.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.