Mendiang Bondan Winarno Dapat Penghargaan di Ubud Food Festival - Kompas.com

Mendiang Bondan Winarno Dapat Penghargaan di Ubud Food Festival

Kompas.com - 13/04/2018, 10:52 WIB
Bondan Winarno.KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Bondan Winarno.

GIANYAR, KOMPAS.com - Mendiang Bondan Winarno mendapat penghargaan Lifetime Achievement di Ubud Food Festival 2018. Diwakili keluarga, penyerahaan penghargaan kepada pakar kuliner Indonesia yang terkenal dengan slogan 'Maknyus' ini berlangsung haru.

Baca juga : Tips Berwisata Kuliner ala Bondan Winarno

"Sewaktu suami saya masih ada, sulit membayangkan saya harus bicara di depan umum. Sekarang saya berdiri di depan bapak dan ibu. Saya bukan sekadar bicara tetapi juga menerima apresiasi terhadap dia," kata istri Bondan Winarno, Yvonne Winarno menerima penghargaan untuk suaminya dalam Gala Dinner Ubud Food Festival persembahan ABC dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, di Taman Kuliner, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (12/4/2018).

Baca juga : Mengenal Istilah ?Maknyus?, Jargon Almarhum Bondan Winarno

Yvonne dengan suara yang bergetar bercerita mengenai kecintaan suaminya terhadap kuliner Indonesia. Mendiang Bondan bahkan disebutkan rela untuk pensiun dini agar dapat mendalami dunia kuliner Indonesia.

"Banyak yang sudah Bondan lakukan untuk dunia kuliner Indonesia bahkan mungkin untuk dunia kuliner di luar Indonesia. Ia memang layak mendapatkan apresiasi itu. Terima kasih atas penghargaan ini, saya sangat bangga menjadi istri seorang Bondan. Istri seorang pelopor dan pecinta budaya kuliner Indonesia," kata Yvonne.

Keluarga Bondan Winarno menerima penghargaan Lifetime Achievement untuk Bondan Winarno di Ubud Food Festival.Kompas.com/Silvita Agmasari Keluarga Bondan Winarno menerima penghargaan Lifetime Achievement untuk Bondan Winarno di Ubud Food Festival.
Anak-anak Bondan yakni Marisol, Eliseo, dan Gwendolin punya kenangan tersendiri dari ayahnya dan makanan Indonesia.

"Saya ingat tentang dia, ketika tentang makanan itu yang paling utama dan dia sangat bersemangat dengan makanan. Saya membayangkan kalau sekarang dia menerima penghargaan ini mungkin dia akan bilang 'Maknyus'," kata anak Bondan, Eliseo.

Baca juga : Pesan Bondan Winarno, Kuliner Nusantara Bisa Lebih Mendunia asal...

Terakhir Yvonne dan anak-anak Bondan mengajak seluruh peserta Ubud Food Festival untuk mau melesetarikan kuliner Indonesia layaknya Bondan.

Bondan Winarno meninggal 29 November 2017 di usia 67 tahun. Bondan adalah jurnalis, penulis ulung, dan pakar kuliner Indonesia. Semasa hidup Bondan terkenal dengan slogan 'Maknyus' untuk menggambarkan lezatnya makanan di acara kuliner yang ia bawakan.

Bondan juga berhasil melahirkan beberapa buku kuliner Indonesia, seperti 100 Maknyus Jakarta, 100 Maknyus Bali, 100 Makanan Tradisional Indonesia Maknyus, dan Jalansutra : Kumpulan kolom tentang Jalan-jalan dan Makan-makan di Suara Pembaruan Minggu dan Kompas Cyber Media. Selain itu juga ada beberapa buku jurnalistik investigasi yang ditulis Bondan.


Komentar

Close Ads X