Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Kuliner Lezat yang Ada di Festival Jajanan Bango 2018?

Kompas.com - 14/04/2018, 14:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu festival yang ditunggu-tunggu para penikmat kuliner Festival Jajanan Bango (FJB) kembali hadir tahun 2018. Tahun ini lebih dari 80 kuliner otentik Nusantara yang disajikan mulai 14-15 April 2018, di Park and Ride Thamrin, Jalan MH Thamrin nomor 10.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, FJB ke 14 ini menyajikan kuliner otentik dari berbagai pelosok Nusantara. Mulai Aceh dengan mi acehnya, Surabaya dengan rawonnya, Makassar dengan cotonya, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Festival Jajanan Bango 2018 Dibuka di Jakarta, Simak Petunjuk Arahnya

Tak ketinggalan juga lima makanan yang sudah ditetapkan sebagai kuliner nasional oleh Kementerian Pariwisata yakni soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Tahun ini lebih dari 80 tenan kuliner dibadi dalam empat wilayah, ada area Pasar Soto, area Kuliner Nusantara, area Cuci Mulut, dan Area Jejak Sejarah 90 tahun Kecap Bango.

Ragam soto Nusantara yang ada di  Festival Jajanan Bango 2018, di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Lebih dari 80 gerai kukiner otentik Nusantara dihadirkan dalam festival kuliner ini.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam soto Nusantara yang ada di Festival Jajanan Bango 2018, di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Lebih dari 80 gerai kukiner otentik Nusantara dihadirkan dalam festival kuliner ini.
Di antara banyaknya kuliner lezat tersebut, berikut KompasTravel tampilkan beberapa rekomendasi dari berbagai daerah Indonesia.

Dari hidangan berkuah ada banyak ragam soto yang bisa Anda kunjungi di area Kampung Soto.

Baca juga : Soto Gading, Langganan Jokowi sejak Jadi Wali Kota Solo

Mulai dari Soto Bangkong Semarang, Soto Ayam Lamongan Ragil, Soto Ambengan Pak Sadi, Soto Pindang Iga, Empal Gendong Mang Darma, Soto Betawi Ma'ruf. Soto Mie Sawah Lio, Soto Kaki Bogor, Hj Effendi.

Selain soto ada juga Pallubasa Ma'daeng, Mie Koclok Mas Edi, Mie Cakalang Rumah Palem, Cwie Mie Malang Regia, Sop Buntut Cut Mutia, Sop Sum-sum Kaki Iga Kaledo, Pindang Patin Pondok Wong Palembang, Kepala Manyung bu Fat, hingga Pempek Ny Kamto.

Baca juga : Keliling Dunia Bareng Nasi Goreng...

Untuk hidangan tak berkuah sendiri, ada Nasi Goreng Kebon Sirih, Nasi Pindang Burung Puyuh Pandawa, Nasi Goreng Kebuli Apjay, Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon, Bebek Sinjay, Gudeg Jogja Laminten, Sambal Belut pak Sabar Imogiri, Ayam Tangkap Atjeh Rayeuk, hingga Mi Aceh Seulawah.

Tongseng Iga yang ada di Festival Jajanan Bango 2018, di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Lebih dari 80 gerai kukiner otentik Nusantara dihadirkan dalam festival kuliner ini.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tongseng Iga yang ada di Festival Jajanan Bango 2018, di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Lebih dari 80 gerai kukiner otentik Nusantara dihadirkan dalam festival kuliner ini.
Untuk ragam sate, Anda bisa mencoba Sate Maranggi khas Purwakarta, Sate Bereum Mang Soleh, Sate Klatak Mak Adi, Sate Tongseng pak Budi, Sate Ayam Apjay, Sate Kikil Pasa Baru, Sate Padang Ajo Ramon dan masih banyak lainnya.

Selesai makanan berat, Anda bisa beranjak ke area cuci mulut, yang menjajakan ragam kuliner penutup. Anda bisa mencicip mulai Es Pallu Buntung Aurora, Es Duren D'Cendes, Cilok Madrasah, Es Pisang Ijo Pemuda, Es Campur Pa Oyen, Bolu Bola Ubi, dan masih banyak lainnya.

Harga yang dipatok di sini cukup merata, untuk hidangan penutup mulai Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Sedangkan untuk hidangan utama, mulai dari Rp 25.000- Rp 35.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com