Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyepi di Canggu...

Kompas.com - 14/04/2018, 22:32 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

KOMPAS.com - Desa Canggu di Kabupaten Badung, Bali, saat ini menjadi pilihan wisatawan mancanegara untuk berlibur.

Siapa sangka desa ini berubah total. Kalau 5 atau 10 tahun lalu masih banyak persawahan dengan nuansa hijau dan padi menguning saat musim panen tiba, kini semuanya mulai berubah.

Baca juga : Tahun Ini Bali Tak Masuk Deretan Pantai Terbaik...

Jika dulu warga desa lalu lalang sepanjang jalan di mana kiri-kanan jalan dipagari areal persawahan, kini suasananya sedikit berbeda.

Como Uma Canggu di Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).ARSIP COMO UMA CANGGU-BALI Como Uma Canggu di Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).
Sekarang justru wisman yang banyak lalu lalang. Ada yang berjalan kaki untuk mencari restoran atau turis bersepeda motor sambil membawa papan selancar menuju pantai Canggu.

Ya, wisman kini memiliki pilihan tempat bermain di pulau dewata. Mereka mulai mencari tempat baru selain Kuta, Seminyak, Kerobokan yang sudah padat turis itu. Canggu kini naik daun. Pantainya, meski berpasir hitam selalu diramaikan wisman, baik pagi, siang maupun malam hari.

Baca juga : Pariwisata Bali Barat yang Kian Menjanjikan

Meski lebar jalan bisa dibilang sempit untuk berpapasan kendaraan, namun perumahan kian bertambah. Persawahan makin terjepit. Hotel dan restoran pun terlihat tumbuh subur di kawasan ini.

Fasilitas kamar tipe Residences di Como Uma Canggu di Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Fasilitas kamar tipe Residences di Como Uma Canggu di Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).
Salah satunya adalah Como Uma Canggu, sebuah hotel dan resort yang beralamat di Jalan Pantai Batu Mejan menghadap pantai Canggu. "Uma" dalam bahasa Bali berarti "rumah".

Baca juga : Tak Sekadar Liburan, Anda Bisa Coba Wisata Kesehatan di Ubud

Como Uma Canggu tak jauh dari Pura Batu Mejan. Dibuka Februari 2018, hotel dan resort ini memiliki panorama indah menghadap Selat Bali dan Samudra Hindia.

Tempatnya cocok untuk menikmati matahari tenggelam (sunset) dan menghabiskan malam hari di sepanjang pantai yang dipenuhi restoran dan kafe.

Como Beach Club di Como Uma Canggu, Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Como Beach Club di Como Uma Canggu, Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).
"Ini merupakan jaringan hotel internasional pertama di Canggu," kata Lucia Dhenok, selaku Regional Director of Marketing and Communications-Bali Como Hotels and Resorts, Senin (9/4/2018).

Selain di Canggu, jaringan Como juga memiliki properti di Ubud yakni Como Uma Ubud dan Como Shambhala Estate.

Properti Como di Ubud sangat cocok untuk wisatawan yang menjalani terapi kesehatan karena didukung oleh suasana Ubud yang sejuk, segar dan ditumbuhi pepohonan hijau.

Como Beach Club di Como Uma Canggu, Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Como Beach Club di Como Uma Canggu, Jalan Pantai Batu Mejan, Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).
Selain Indonesia, terutama Bali, Como Hotels and Resorts yang berkantor pusat di Singapura ini juga memiliki properti di mancanegara seperti London, Maladewa, Phuket hingga Miami, AS.

"Sementara Como Uma Canggu cocok buat wisatawan yang menyukai pantai untuk beraktivitas seperti surfing," kata Lucia.

Menurut Lucia, wisman yang menginap di Como Uma Canggu adalah dari Amerika, Australia, Eropa, Jepang dan Singapura. Wisatawan domestik juga menjadi incaran hotel ini terutama mereka yang berkeluarga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com