Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Kagumi Batik Khas Kepulauan Sula

Kompas.com - 17/04/2018, 12:40 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 SANANA, KOMPAS.com – Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra hadir dalam puncak acara Festival Maksaira 2018, Minggu (15/4/2018), dengan menggunakan batik khas Kepulauan Sula, Maluku Utara. Batik tersebut dinamakan Xoela yang merupakan ejaan lama dari Sula.

“Hari ini saya menggunakan batik khas Sula, sangat nyaman sekali dipakai dan tentunya memiliki keunikan tersendiri,” ujar Sonia kepada KompasTravel saat ditemui di Pulau Sulabes, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Baca juga : Kendala Kepulauan Sula di Maluku Utara dalam Memajukan Pariwisata

Keunikannya sendiri, lanjut dia, terletak pada motif-motif yang hadir pada setiap lembar kain. Seperti halnya motif yang diambil dari bunga-bunga dan lebah yang menjadi ciri khas Kepulauan Sula.

“Motif lebah ini begitu unik, karena kan di sini juga terkenal dengan madu asli Sula jadi ada lebah,” kata dia.

Baca juga : Inilah Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain

Adapun batik khas Sula ini memang baru saja digencarkan oleh para masyarakat Sula. Sehingga batik pun banyak hadir di pasaran. Meski demikian Sonia berharap batik Sula bisa terkenal di Indonesia hingga mancanegara.

“Setiap daerah kan tentunya memiliki batik dengan keunikannya masing-masing dan mengembangkan motif (batik) mereka dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar mereka. Saya harap batik Sula semakin dikenal masyarakat nasional dan mendunia,” kata Sonia.

Selain batik, Sonia diperkenalkan pula dengan kebudayaan dan kuliner yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula. Bagi dia, pariwisata Indonesia begitu luar bisa. Dari Sabang hingga Merauke hadir dengan pariwisata yang berbeda, keragaman yang unik. Sonia mengaku bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com