Kompas.com - 18/04/2018, 10:21 WIB
Ayam betutu buatan Pak Sanur di Ubud, Bali. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Ayam betutu buatan Pak Sanur di Ubud, Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari kuliner tradisional di Bali tidak sulit. Ada banyak restoran yang menawarkan menu hidangan Nusantara. Permasalahannya, banyak yang menawarkan rasa kuliner Indonesia yang disesuaikan untuk lidah orang asing.

Bagi orang Indonesia yang rindu akan kuliner tradisional autentik, lima tempat ini dapat menjadi pilihan. Beberapa di antaranya adalah bisnis keluarga turun temurun di Ubud. Berikut lima lokasi mencoba kuliner autentik di Ubud, dirangkum dari Ubud Food Festival 2018:

1. Ayam Betutu Pak Sanur

Dari warungnya yang ramai warga lokal, sudah menjadi jaminan Pak Sanur menyajikan ayam betutu autentik. Ia membuka warung sejak 1986.

Baca juga : Cari Bebek Betutu Otentik? Datanglah ke Ubud

Keistimewaan ayam betutu Pak Sanur adalah dimasak selama 12 jam dengan api kecil, dengan ragam bumbu dan rempah yang lengkap. Maka saat menyantap, semua daging dan kulit akan dengan mudah lepas dari tulangnya.

Harga ayam betutu buatan Pak Sanur dihargai Rp 100.000 per ekor. Sementara, untuk porsi per piring lengkap dengan sayur mayur dihargai Rp 25.000.

Warungnya buka dari pagi hari sekitar 08.00-20.00. Ayam Betutu Pak Sanur beralamat di Jalan Arjuna nomor 19, Ubud.

Cara memasak bebek betutu dengan cara tradisional.Kompas.com/Silvita Agmasari Cara memasak bebek betutu dengan cara tradisional.
2. Bebek Betutu Pak Ketut

Pak Ketut adalah tetangga Pak Sanur. Rumahnya beralamat di Jalan Arjuna nomor 10. Namun jangan salah, Pak Ketut tidak membuka warung atau restoran.

Rumahnya juga tidak ada papan tanda yang menandakan ia berjualan bebek. Keluarga Pak Ketut sejatinya adalah pemasak bebek betutu untuk Puri Ubud dan pemasok ke restoran.

Baca juga : Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Pedasnya Bikin Nangis

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.