Kompas.com - 19/04/2018, 10:55 WIB
Pergelaran Mahakarya Borobudur 2018, Indonesia Berkain, di Taman Aksobya Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (18/4/2018) malam. KOMPAS.com/IKA FITRIANA Pergelaran Mahakarya Borobudur 2018, Indonesia Berkain, di Taman Aksobya Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (18/4/2018) malam.

MAGELANG, KOMPAS.com - Mahakarya Borobudur kembali digelar oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Magelang, Jawa Tengah, Rabu (18/4/2018) malam.

Kali ini perhelatan megah di panggung Aksyobya pelataran Candi Borobudur itu mengangkat tema "Indonesia Berkain".

Sesuai dengan temanya, Mahakarya Borobudur menampilkan peragaan busana batik sebagai kain kebanggaan bangsa Indonesia. Batik-batik itu merupakan karya sejarah dari para maestro seperti KRT Hardjonagoro Go Tik Swan, H KPH Santoso Doellah Hadikusimo dan Afif Syakur.

Perancang-perancang ternama unjuk gigi menampilkan kreasi batik-batik tersebut dalam kaya busana nan indah dan elegan. Mereka adalah Musa Widyatmojo, Chossy Latu, Tuty Adib, Danjo Hiyoji, Amanda Hartanto dan Purana.

Baca juga : Menpar: Candi Borobudur Layak Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Rangkaian Mahakarya Borobudur yang didukung oleh BRI Prioritas itu terkemas apik berselaras dengan para penari profesional arahan koreografer Eko Supriyanto dan Ananta Kanapi. Latar panggung kemegahan Candi Borobudur menambah epik acara tersebut.

Koordinator Acara Mahakarya Borobudur, Ayu Dyah Pasha, menuturkan "Indonesia Berkain" tidak hanya berupa peragaan busana batik, namun juga kolaborasi bidang seni, yakni teater, musik, visual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semua kita kolaborasikan untuk menampilkan keindahan batik Indonesia," kata Ayu.

Karya batik yang ditampilkan dibagi menjadi tiga konsep, yakni batik masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Dia menyebutkan, batik masa lalu menampilkan karya para maestro batik seperti Gotic Swan, Afif Sakur dan lainnya. Untuk batik masa kini karya Iwan Tirta, Tuti Adib, Musa Widyatmojo, dan lainnya.

"Sedangkan batik masa depan menampilkan karya para desainer milenial, kita beri ruang kepada mereka untuk menuangkan imajinasi mereka tentang batik," ungkap Ayu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.