Kompas.com - 22/04/2018, 19:25 WIB
Kaum ibu bersemangat mengecat tembok rumah untuk mewujudkan kampung Tidar Campur, Kota Magelang, jadi kampung pelangi, Sabtu (21/4/2018). KOMPAS.com/IKA FITRIANA Kaum ibu bersemangat mengecat tembok rumah untuk mewujudkan kampung Tidar Campur, Kota Magelang, jadi kampung pelangi, Sabtu (21/4/2018).


MAGELANG, KOMPAS.com - Belasan emak-emak atau kaum ibu di Kampung Tidar Campur, RT 01, RW 01, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, bersemangat mempercantik kampungnya menjadi kampung warna-warni. Mereka beramai-ramai mengecat beberapa tembok rumah warga meski hujan turun deras.

Sejak setahun lalu, warga setempat memang telah mencanangkan kampung ini menjadi kampung warna-warni. Puluhan rumah warga dicat dengan motif kotak-kotak aneka warna sehingga menarik dilihat.

Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2018, para ibu rumah tangga itu berinisiatif mengecat tembok rumah warga yang belum sempura masih kosong.

Ini menjadi bagian dukungan mereka terhadap keberadaan kampung warna warni Tidar Campur sebagai destinasi wisata alternatif di Kota Magelang.

"Pas Hari Kartini ini, kami ibu-ibu, ikut mengecat tembok rumah untuk mendukung supaya kampung kami semakin cantik. Ini wujud dukungan kami, karena selama ini yang ngecat Bapak-bapak," kata Waldiyah (54), warga setempat disela-sela kegiatan.

Waldiyah menuturkan, aksi ini merupakan swadaya masyarakat dengan harapan memupuk kerukunan antar-warga. Terlebih, sejak dicanangkan, kampung ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

"Hikmahnya kami jadi semangat bergotong royong, apalagi kampung ini sudah sering dikunjungi warga lain jadi tempat selfi. Jadi kami juga harus lebih baik lagi menyambut mereka," imbuhnya.

Ketua RT 01 RW 01 Tidar Campur, Sudadi Waluyo mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian mewujudkan Kampung Tidar Campur menjadi kampung warna-warni.

Dia menceritakan, awalnya kampung ini hanya dicat seperti biasa menjelang peringatan 17 Agustus. Tapi ternyata, antusiasme warga tinggi dan hampir semua rumah warga sudah dicat warna-warni semua.

"Ada ide supaya tembok warga ini dikasih warna-warni, ada gambar yang bermakna, dan unik kreatif,” ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X