Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Disantap Keluarga Obama di Hotel Tentrem Yogyakarta

Kompas.com - 24/04/2018, 15:52 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tamu yang menginap di Presidential Suite Hotel Tentrem, Yogyakarta, Barrack Obama punya kesempatan untuk mendapat pelayanan pribadi. Termasuk butler dan layanan makan pribadi.

Executive Chef dari Hotel Tentrem, Maranata Butar Butar turun langsung memasak makanan untuk Obama. Ia menyebut melayani permintaan makan Obama tidak sulit.

"Obama suka makanan Indonesia. Dia pesan nasi goreng, ayam goreng, sate, tahu, kangkung, sambal terasi dia juga suka," kata koki yang akrab disebut Chef Nata, saat KompasTravel menemuinya, Sabtu (21/4/2018) di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Baca juga : Pengalaman Lucu Koki di Yogyakarta yang Memasak untuk Obama

Hanya untuk sarapan Obama memesan makanan ala barat. Nata ingat ia harus menyiapkan sosis, telur, dan tomat masing-masing dalam jumlah empat setiap pagi.

"Sepertinya dia suka angka empat. Obama kan Presiden ke-44 Amerika Serikat," jelas Nata.

Selain itu Obama juga menyantap makanan ala China seperti dimsum. Nata juga pernah diminta langsung oleh Obama untuk memasak tumis kangkung.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil. STR / AFP Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil.
Hal yang membuat Nata senang, ketika tamu besarnya itu menyantap habis semua hidangan buatannya.

"Bersih semua piringnya, cuma ada sisa sayur salad," jelas Nata.

Untuk istri Obama, Michelle Obama dan kedua putrinya, Malia serta Natasha Obama, Nata mengatakan pesanan makanan juga tidak terlalu sulit.

"Kalau ibu Michelle suka makan tahu. Tahu yang lembut itu ditumis diberi saus. Nah kalau anaknya lebih suka makan makanan Barat, mungkin tidak biasa makan makanan Indonesia," jelas Nata.

Kedua putri Obama, menurut Nata, juga memperhatikan porsi makanan, layaknya remaja perempuan seumurannya. Jadi mereka gemar menyantap buah-buahan dan yoghurt.

Barrack Obama bersama istri dan anaknya menginap di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017 dalam rangka liburan. Mereka sempat mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Tebing Breksi, dan Puncak Becici.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com