Kompas.com - 25/04/2018, 13:28 WIB
Kupat Lodoh Banyuwangi. KOMPAS.com/IRA RACHMAWATIKupat Lodoh Banyuwangi.

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada satu lagi acara yang wajib dikunjungi saat berkunjung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yaitu Jajanan Bengi yang digelar setiap Sabtu malam oleh warga di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah.

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam jajanan dan makanan khas masyarakat Using yang dijual di sepanjang jalan desa seperti ketan kirip, cenil, sawut, lupis dan jajanan pasar lainnya.

Di Jajanan Bengi juga tersedia makanan dengan harga yang cukup terjangkau seperti pecelan, uyah asem, pecel pitik, nasi pecel atau minuman seperti dawet dan es cao menek.

Baca juga : Ayam Kesrut dari Banyuwangi, Bumbu Sederhana Rasa Istimewa

Namun yang spesial adalah Kupat Lodoh, yaitu makanan khas yang biasanya hanya ada saat hari raya.

Pengunjung bisa menikmati jajanan di sepanjang jalan Desa Olehsari, Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Pengunjung bisa menikmati jajanan di sepanjang jalan Desa Olehsari, Banyuwangi, Jawa Timur.
Seporsi kupat lodoh terdisi dari potongan ketupat, ayam lodoh dan telur pindang. Bumbu ayam lodoh terbuat dari kelapa yang sudah tua, lalu diparut dan disangrai tanpa minyak.

Setelah kering proses selanjutnya adalah ditumbuk sampai halus dan keluar minyak hingga berbentuk seperti pasta.

Baca juga : Di Banyuwangi, Menteri Rini Pesta Durian Merah

Sementara bumbu yang dgunakan adalah 'bumbu genep' yang terdiri dari merica, kemiri, ketumbar, pala, jahe, jinten, kayu manis, cabai besar, cabai rawit, laos, kunir, serai, garam dan gula.

"Setelah bumbunya dihaluskan kemudian di tumis. Baru lodoh dimasukkan lalu diberi air. Terakhir ayam kampung yang digoreng sebentar dimasukkan kedalam bumbu dan dimasak sampai matang," jelas Erna, penjual kupat lodoh kepada Kompas.com, Sabtu (21/4/2018).

Seorang pengunjung sedang membeli makanan di Desa Olehsari, Banyuwangi, Jatim.KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Seorang pengunjung sedang membeli makanan di Desa Olehsari, Banyuwangi, Jatim.
Sedangkan untuk membuat telur pindang cukup mudah, yaitu telur ayam direbus dengan bebagai macam rempah salah satunya adalah kulit bawang dan daun jambu biji.

"Jika kurang pedas tinggal ditambahkan cabai," jelas Erna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.