5 Tips Liburan ke Kepulauan Sula, Maluku Utara - Kompas.com

5 Tips Liburan ke Kepulauan Sula, Maluku Utara

Kompas.com - 25/04/2018, 16:28 WIB
 Tanjung Waka salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Fatkayon, Kecamatan Sulabesi Timur, Pulau Sulabesi, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Jumat (13/4/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Tanjung Waka salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Fatkayon, Kecamatan Sulabesi Timur, Pulau Sulabesi, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Jumat (13/4/2018).

 

SANANA, KOMPAS.com – Salah satu daerah di Maluku Utara yang memiliki keindahan alam begitu cantik adalah Kepulauan Sula. Sula terdiri dari 29 pulau, namun hanya lima pulau yang berpenghuni.

Antara lain Pulau Sulabesi, Mangoli, Lifmatola, Pas Ipa, dan Pastabulu. Pusat kotanya yaitu Sanana di Pulau Sulabesi.

Wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling, diving, menikmati keindahan panorama laut, hingga berfoto-foto di spot instagramable.

Bila Anda ingin berkunjung ke daerah ini, ada beberapa tips seperti dihimpun KompasTravel.

 

Panorama Pulau Sula, Kepulauan Sula, Maluku Utara dari ketinggian, Kamis (12/4/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Panorama Pulau Sula, Kepulauan Sula, Maluku Utara dari ketinggian, Kamis (12/4/2018).

1. Gali informasi

Sebelum berangkat, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu soal keadaan di Kepulauan Sula. Termasuk soal cuaca.

Selain itu, rencanakan transportasi mulai dari udara hingga laut. Hal ini sangat penting karena pesawat dan kapal laut tidak setiap hari beroperasi.

 

Bandara Emalamo di Kota Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis (12/4/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Bandara Emalamo di Kota Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis (12/4/2018).

2. Pastikan transportasi yang digunakan

Menuju ke Kepulauan Sula Anda bisa memilih penerbangan ke Ternate atau Ambon. Dari dua kota tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat perintis atau kapal laut.

Namun, pesawat perintis hanya beroperasi dua kali dalam seminggu (Selasa dan Kamis) baik dari Ternate maupun Ambon. Kapal laut juga hanya beroperasi pada hari-hari tertentu.

3. Atur jadwal dari jauh hari

Kondisi Kepulauan Sula memang terbilang masih sulit diakses. Lebih baik luangkan waktu lebih untuk berjaga-jaga bila ada kendala dalam hal transportasi.

 

Goa-goa yang ada di tebing laut di Kepulauan Sula, Maluku Utara.  KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Goa-goa yang ada di tebing laut di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

4. Eksplor kekayaan dan keindahan alam

Menurut data Pemerintah Daerah setempat, belum banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke Kepulauan Sula.

Dengan demikian, banyak pula spot wisata yang memang belum terjamah oleh banyak orang.

Di sana Anda pun bisa mengeskplorasi berbagai wisata alam di beberapa pulau seperti di Pulau Sulabesi, Mangoli, dan Lifmatoa.

Ada pula hutan bakau dengan gugusan karang cantik di Pulau Mangoli.

Di Sanana, terdapat spot tertinggi untuk melihat panorama Kepulauan Sula.

 

Salah satu kekayaan alam yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Salah satu kekayaan alam yang ada di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

5. Meminta bantuan warga setempat

Jangan takut atau pun malu meminta bantuan warga setempat. Warga Kepulauan Sula begitu ramah pada setiap tamu yang datang.

Bila Anda kesulitan mencari informasi, transportasi, atau penginapan, bisa langsung bertanya kepada warga.

Anda bisa pula meminta bantuan pada Pemerintah Daerah di Kepulauan Sula. Mereka sangat terbuka untuk membantu para turis yang berkunjung ke Sula.

Anda bisa langsung datang ke kantor pemerintahan atau Istana Daerah (Isda) yang terletak di dekat Pelabuhan Sanana.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X