Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeolla Selatan, Destinasi Wisata "Anti Mainstream" di Korea Selatan

Kompas.com - 25/04/2018, 21:15 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seoul, Jeju, Incheon, dan Busan mungkin sudah biasa di benak wisatawan yang suka ke Korea Selatan, bagaimana kalau Jeolla Selatan? Provinsi di bagian barat Korea Selatan ini memiliki banyak destinasi wisata dengan ragam daya tarik wisatanya.

Berbeda dengan provinsi dan kota-kota tadi yang lebih metropolitan, Jeolla memiliki bentang alam yang masih sangat alami. Jeolla cocok bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari keramaian kota metropolitan dan jauh dari kesan mainstream.

Direktur Utama Pariwisata, Budaya, dan Olahraga Jeolla Utara, Bang Ok-Gil memaparkan beberapa hal unik yang bisa Anda temui saat berwisata di Jeolla Selatan, saat media gathering Korean Tourism Organization, di Jakarta, Senin (23/4/2018). 

Metasequoia Forestroad di Damyang, Jeollanamdo, Korea Selatan.Korean Tourism Organization Metasequoia Forestroad di Damyang, Jeollanamdo, Korea Selatan.
1. Wisata alam Korea Selatan yang komplit

Bagi Anda yang menyukai wisata Alam, Jeolla Selatan ini jadi tempat yang representatif untuk menikmati keindahan alam Korea Selatan. Selain masih alami, juga menawarkan banyak pilihan destinasi.

"Mulai dari menikmati pegunungan, menelusuri pantai yang indah hingga kuliner yang lekat dengan citarasa tradisional," terang Ok-Gil.

Dari banyaknya destinasi yang ada, wisata alam memang masih mendominasi di Jeolla Selatan. Hal ini menurut Ok-Gil yang menjadi pembeda dan ciri dari Provinsi Jeolla Selatan.

Gwangyang International Maehwa Festival, di Seomjin Village & Gwangyang-si, Jeollanam-do, Korea Selatan.visitkorea.or.kr Gwangyang International Maehwa Festival, di Seomjin Village & Gwangyang-si, Jeollanam-do, Korea Selatan.

2. Kaya akan perkebunan buah organik

Bentang alam yang dimiliki provinsi ini membuat sektor pertaniannya pun unggul. Ok-Gil mengatakan dalam presentasenya 57 persen perkebunan di sana merupakan organik.

Wisatawan akan banyak menemukan destinasi yang menyajikan kebun organik. Hal itu juga membuat Jeolla jadi tempat yang tepat untuk relaksasi, bahkan wisata kesehatan.

Metasequoia Forestroad di Jeollanamdo.Korean Tourism Outhority Metasequoia Forestroad di Jeollanamdo.

3. Pemandangan di musim gugur

Musim gugur di Jeolla merupakan salah satu magnet wisatawan terkuat di Korea Selatan. Dedaunan akan memerah sebelum gugur di musim tersebut. Pemandangan itu disebut-sebut menjadi cirikhas musum gugur di Jeolla Selatan.

Salah satu destiasi yang menyajikan itu ialah Ssanggyeru, dengan lanskap pegunungan, terdapat beberapa hunian tradisional di sisi danau, pepohonan berdaun merah pun menghiasi sekelilingnya. Selain itu masih ada di Suncheon, Damyang Roadside Trees, dan banyak lagi.

"Musim gugur di daerah ini merupakn yang terbaik di Korea, karena daun warna warni berguguran dengan bentang alam yang sangat banyak. Utamanya bisa dikunjugi di Oktober, saat perubahan warna daun," pungkas Ok-Gil.

Suncheonman bay di Jeollanamdo, Korea Selatan.Korean Tourism Authority Suncheonman bay di Jeollanamdo, Korea Selatan.
4. Menyajikan pengalaman budaya yang unik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com