Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lupakan Seoul, Saatnya Jalan-jalan ke Jeolla Selatan

Kompas.com - 26/04/2018, 19:23 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang berencana berlibur untuk rehat sejenak dari kepadatan kota, Jeolla Selatan salah satu provinsi yang tepat di Korea Selatan.

Selain keindahan alamnya yang unik dan masih asri, provinsi di bagian barat Korea Selatan ini juga memiliki acara besar yang ramai dikunjungi wisatawan. Berikut KompasTravel rangkum waktu-waktu terbaik mengunjungi Jeolla Selatan.

1. Musim gugur (September-November)

Direktur Utama Pariwisata, Budaya, dan Olahraga Jeolla Selatan, Bang Ok-Gil megatakan musim gugur di daerah Jeolla Selatan merupakan yang terbaik di Korea Selatan.

"Saat musim gugur daun di sini banyak yang berubah warna, mulai dari kuning, hingga merah yang langka sebelum berguguran," terangnya saat media gathering Korean Tourism Organization, di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Suncheonman Bay, di Jeollanamdo, Korea Selatan.Korean Tourism Authority Suncheonman Bay, di Jeollanamdo, Korea Selatan.
Puncak perubahan warna daun tersebut menurutnya terjadi pada bulan Oktober.

Namun, sejak November pun beberapa destinasi musim gugur sudah menunjukkan keunikannya. Salah satunya Suncheon Bay, tempat tumbuhnya alang-alang terbesar di Korea.

"Suncheon Bay dijuluki 'Taman dari Surga' karena pemandangan yang diberikan benar-benar menakjubkan," terangnya.

Waktu terbaik untuk mengunjugi wisata ini adalah pada musim gugur sekitar bulan September – November.

2. Saat musim dingin (Desember-Februari)

Bukit Do Solam di Jeollanamdo, Korea Selatan.Korean Tourism Authority Bukit Do Solam di Jeollanamdo, Korea Selatan.

Musim dingin di Jeolla Selatan dihiasi salju. Di beberapa daerah Jeolla Selatan, terdapat rumah-rumah adat hanok untuk  dinginnya salju.

"Atraksi wisata rumah adat hanok itu juga khas Jeolla selain bisa main ski. Anda bisa berinteraksi dengan warga sekitar yang tentu dengan kebudayaan khasnya," terang Ok-Gil. 

Anda bisa menikmati musim dingin dengan mencoba menginap di hanok dan bermain ski mulai bulan Desember, hingga awal tahun sekitar Februari.

3. Acara Sumuk Biennale (September-Oktober)

Kesenian Sumuk dari Jeolla Selatan, Korea Selatan, yang dipamerkan di Jakarta, Senin (23/4/2018).KTO Jakarta Kesenian Sumuk dari Jeolla Selatan, Korea Selatan, yang dipamerkan di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Sumuk Biennale merupakan salah satu acaa tebesar di Jeolla Selatan, Korea Selatan. Menghadirkan karya seni lebih dari 10 negara dunia, dengan total 300 karya yang dipamerkan.

"Bienalle juga jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Jeolla Selatan, diadakan waktu September ke Oktober 2018," tutur Ok-Gil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com