5 Wisata di Sekitar Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan - Kompas.com

5 Wisata di Sekitar Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Kompas.com - 27/04/2018, 11:26 WIB
Para pemuda menikmati pemandangan dari atas Gunung Prau, Dieng, Jawa TengahKOMPAS.com/NAZAR NURDIN Para pemuda menikmati pemandangan dari atas Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Rindu menikmati setiap menit di kota Jogja yang romantis? Namun, bosan dengan wisata yang itu-itu saja?

Tenang, sedikit melipir ke sekitaran Jogja ada berbagai alternatif tempat wisata yang dapat Anda kunjungi untuk melepaskan segala penat.

Berikut rekomendasi 5 wisata sekitar Jogja yang sayang untuk dilewatkan.  

1. Pantai Klayar – Pacitan
 
Berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Pantai Klayar ini menawarkan eksotisme yang memanjakan mata.

Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan.TAMASYEAH.COM/CHIQUITA C MARBUN Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan.
Kondisi alam yang masih belum banyak tersentuh oleh modernisasi akan memukau para wisatawan saat berkunjung ke tempat ini.

Suasana pantai dan hamparan pasir yang luas bersanding dengan gagahnya karang yang pasti akan mampu membius mata Anda.

Lengkapi kunjungan Anda dengan menikmati sunset yang indah dengan hiasan pohon kelapa di pinggiran panti yang akan menjadi momen terbaik di tempat ini.

2. Pantai Banyu Tibo – Pacitan
 
Berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pantai Banyu Tibo menyuguhkan suasana dan pemandangan yang berbeda. Di pantai ini, Anda bisa melihat fenomena alam unik.

Air terjun di Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.TAMASYEAH.COM/ALFITRAHMAT SAPUTRO Air terjun di Pantai Banyu Tibo, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.
Kalau biasanya sebuah air terjun akan jatuh ke kolam jatuhannya, berbeda dengan Pantai Banyu Tibo yang memiliki air terjun dengan aliran langsung jatuh ke pantai.

Hamparan pasir putih dan air laut yang bersih semakin memanjakan mata para wisatawan saat berkunjung ke kawasan wisata ini.

3. Gunung Prau – Dieng
 
Gunung Prau memang tampaknya tidak pernah berhenti menjadi primadona bagi para pendaki.

Gunung Prau di Dieng.TAMASYEAH.COM/ALFITRAHMAT SAPUTRO Gunung Prau di Dieng.
Memiliki ketinggian sedang dengan jalur yang tidak begitu sulit menjadikan gunung ini kerap dipilih sebagai destinasi para pendaki pemula.

Momen terbaik di kawasan ini adalah menyaksikan keindahan matahari terbit yang perlahan mengintip dan keluar dari balik awan dengan suguhan barisan bukit-bukit botak khas bukit Teletubies yang eksotis.

4. Bukit Cumbri – Wonogiri

Yuk, menikmati negeri di atas awan khas Wonogiri dengan berkunjung ke Bukit Cumbri! Keindahan panorama yang ditawarkan bak surga dunia menjadikan bukit ini sebagai salah satu destinasi buruan para pelancong.

Bukit Cumbri di Wonogiri. TAMASYEAH.COM/ALFITRAHMAT SAPUTRO Bukit Cumbri di Wonogiri.
Waktu terbaik berkunjung ke bukit ini adalah saat pagi hari untuk melihat keindahan matahari terbitnya yang secara perlahan akan menyingkap pemandangan perbukitan yang menciptakan kesan berlapis-lapis.

Jika matahari sudah naik sempurna, Anda akan melihat hamparan bukit-bukit layaknya bukit coklat di Filipina. Keren!

5. Gunung Andong – Magelang
 
Membenamkan diri di tengah-tengah balutan panorama alam cantik di Gunung Andong adalah pilihan tepat untuk menghilangkan segala penat.

Gunung ini memiliki ketinggian yang tidak begitu tinggi dengan sejuta pesona yang tentunya tidak boleh Anda remehkan.

Sang mentari menunjukkan sinarnya di atas Gunung Andong, Kabupaten Magelang, Minggu (5/4/2015) pagi.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Sang mentari menunjukkan sinarnya di atas Gunung Andong, Kabupaten Magelang, Minggu (5/4/2015) pagi.
Di tempat ini, Anda bisa melihat hampir seluruh kota Magelang tanpa harus menggunakan teropong.

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan berkemah karena gunung ini sangat cocok untuk menghabiskan malam sambil menyaksikan city of light dari Kota Magelang.

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata sekitar jogja yang bisa Anda pertimbangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Happy weekend!

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Tamasyeah.com. Isi tulisan di luar tanggung jawab Kompas.com.



Close Ads X