Apa Bedanya Warung Ayam Geprek di Yogyakarta dan di Jakarta?

Kompas.com - 27/04/2018, 20:20 WIB
Ayam Geprek Bu Rum di Yogyakarta Kompas.com/Silvita AgmasariAyam Geprek Bu Rum di Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner ayam geprek kian dikenal oleh masyarakat. Terbukti sejak 2017, semakin banyak arung ayam geprek yang dibuka di kota-kota besar Indonesia.

Di kota kelahiran ayam geprek, Yogyakarta, kuliner ini mulai dibuat pada 2003. Ruminah atau akrab disapa Bu Rum adalah pembuat pertama ayam geprek dengan alata warung di Jalan Wulung Lor.

Jika menyantap ayam geprek di Yogyakarta dan kota lain, khususnya Jakarta ada perbedaan baik dari segi penyajian dan kreasi ayam geprek.

"Kalau di sini sistem makananya memang prasmanan," kata Ruminah ditemui di warung makannya, Papringan, Yogyakarta, Senin (23/4/2018).

Warung Ayam Geprek Bu Rum dengan sistem prasmanan. Konsumen boleh ambil nasi dan sayur sesuai dengan porsi masing-masing. KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Warung Ayam Geprek Bu Rum dengan sistem prasmanan. Konsumen boleh ambil nasi dan sayur sesuai dengan porsi masing-masing.
Ruminah beranggapan sistem makan prasmanan dapat menyesuaikan porsi makanan konsumen sendiri sehingga tidak mubazir.

Selain itu sistem prasmanan juga menyingkat waktu pelayanan kepada konsumen.

Jadi jika bersantap di kebanyakan warung ayam geprek daerah Yogyakarta, pengunjung dapat mengambil nasi dan sayur sesuai keinginan.

Sayur yang disediakan biasanya sayur tumis labu, sayur sop, dan tumisan sayur lain seperti kangkung. Hidangan pendamping ada tempe, tahu, telur dadar, dan gorengan.

Kemudian pilih sendiri potongan ayam goreng tepung, berikan kepada pembuat sambal dan minta jumlah cabai yang ingin dijadikan sambal. Kreasi sambal juga bisa ditambahkan bawang, terasi, atau tomat. Semua sesuai selera.

Warung Ayam Geprek di Jakarta

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X