Berapa Kisaran Harga Paket Wisata ke Korea Utara? - Kompas.com

Berapa Kisaran Harga Paket Wisata ke Korea Utara?

Kompas.com - 29/04/2018, 19:00 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengunjungi Gunung Paektu di Provinsi Ryanggang. Gunung itu dijadikan tempat suci bagi rakyat Korea Utara.KCNA VIA KNS/AFP Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengunjungi Gunung Paektu di Provinsi Ryanggang. Gunung itu dijadikan tempat suci bagi rakyat Korea Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasaran dengan Korea Utara? Paket wisata ke negara pimpinan Kim Jong Un ini ditawarkan oleh agen perjalanan Indonesia. Calyba Tour salah satu agen perjalanan di Indonesia yang menyelenggarakan perjalanan ke Korea Utara sejak tahun 2002. 

"Untuk visa ke Korea Utara ini memang harus diurus di Pyongyang langsung, belum bisa di Jakarta," kata Founder & Chairman Calyba Tour, Ali 'TRAVELGURU' Gita dihubungi KompasTravel, Minggu (29/4/2018). 

Berwisata ke Korea Utara sampai saat ini masih belum dapat dilakukan sendiri. Wisatawan harus menggunakan jasa agen perjalanan, yang nantinya di Korea Utara juga akan selalu ditemani oleh agen perjalanan lokal dan petugas partai. 

Ali sendiri mengatakan peminat wisata ke negara yang dipimpim Kim Jong Un ini tidak sedikit. Calyba Tour sering membawa wisatawan grup atau wisatawan individual. 

"Untuk grup itu maksimal 20-30 orang. Selama ini untuk pembuatan visa wisatawan Indonesia selalu lolos, karena sejak Korea Utara merdeka punya hubungan diplomasi yang baik dengan Indonesia," jelas Ali. 

Mantan Perdana Menteri Korea Utara, Kim Il Sung punya hubungan yang baik dengan Presiden RI pertama, Soekarno. 

Orang-orang berjalan di depan patung pemimpin Korea Utara Kim Il Sung (kiri) dan Kim Jong Il (kanan), setelah meletakkan bunga untuk menandai ulang tahun keenam kematian Kim Jong Il, di bukit Mansu, Pyongyang, Minggu (17/11/2017). (AFP/Kim Won Jin) Orang-orang berjalan di depan patung pemimpin Korea Utara Kim Il Sung (kiri) dan Kim Jong Il (kanan), setelah meletakkan bunga untuk menandai ulang tahun keenam kematian Kim Jong Il, di bukit Mansu, Pyongyang, Minggu (17/11/2017). (AFP/Kim Won Jin)
Jadi berapa harga paket wisata ke Korea Utara? Ali menjelaskan harga dimulai dari 2.500-3.000 dollar AS atau setara Rp 34 juta - Rp 42 juta rupiah per orang. Harga tersebut berlaku untuk kuota grup, dengan minimal 16 orang dalam satu grup. 

Selain itu, Calyba Tour juga melayani perjalanan eksklusif, minimal untuk dua orang dengan permintaan perjalanan ke daerah kota-kota antimainstream di Korea Utara dengan fasilitas bintang lima. 

Harga paket tur eksklusif Korea Utara tersebut berkisar 4.000-6.000 dollar AS atau setara Rp 55 juta - Rp 85 juta per orang.

Harga paket tersebut juga sudah termasuk pengurusan visa dan dokumen lain untuk masuk Korea Utara, akomodasi, transportasi, wisata, konsumsi, dan pemandu wisata berkeliling melihat Korea Utara. 



Close Ads X