Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mei, Ada Festival Minangkabau di Ancol

Kompas.com - 30/04/2018, 18:19 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol menyelenggarakan festival kebudayaan Sumatera Barat bertajuk 'Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018'.

Acara ini diselenggarakan dari 10-13 Mei 2018 di Pantai Lagoon, bertepatan dengan libur panjang.

“Kami harapkan hadirnya Kampoeng Minangkabau dapat menjadi salah satu wadah untuk memamerkan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Minang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya," ujar Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (30/4/2018).

Di festival ini pengunjung dapat melihat kebudayaan dan kesenian khas Minangkabau seperti Arak-Arakan, Tambua Tansa, dan Makan Bajamba.

Ada pula Rabab Tradisional, Salawat Dulang Tradisional, Festival 1000 Randai, Permainan Tradisional KIM, serta tarian tradisional.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Kintani (Penyanyi dari Padang), Youtuber Minang (YTM), dan Dayukoto (Rapper Minang).

Selama empat hari festival, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner khas Minangkabau yang terkenal memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu khas dan rempah-rempah.

Teh talua.KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Teh talua.

Seperti nasi kapau, rendang, itiak lado hijau, dan sate danguang-nguang tersaji dalam perhelatan ini.

Tidak ketinggalan jajanan seperti es tebak, martabak hayuda, lontong kapua dan bika amak.

Salah satu kuliner yang tak kalah menarik untuk dicoba yaitu Teh Talua (Teh Telor).

Ini merupakan salah satu minuman khas Minangkabau yang bahan dasarnya terbuat dari kuning telur dan gula yang dikocok secara bersamaan hingga mengembang, lalu ditambahkan dengan air teh yang bewarna pekat.

Pada festival ini juga digelar Parade Kocok Teh Talua yang menghibur pengunjung.

Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 merupakan salah satu konten dari tema yang sudah diusung Ancol dari awal tahun yaitu Pesona Indonesiaku.

Sebelumnya telah diselenggarakan Ancol Ogoh-Ogoh Festival yang berasal dari kebudayaan Bali.

Selanjutnya akan digelar pula festival lainnya seperti Festival Kebudayaan Betawi, Festival Kuliner Nusantara dan juga Asian Festival dalam rangka menyambut HUT Jakarta dan perhelatan Asian Games 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com