10 Kota Kuliner Terbaik di Dunia, Salah Satunya di Asia Tenggara - Kompas.com

10 Kota Kuliner Terbaik di Dunia, Salah Satunya di Asia Tenggara

Kompas.com - 01/05/2018, 20:25 WIB
Makan gelato di Roma, ItaliaThinkstock Makan gelato di Roma, Italia

KOMPAS.com - Penggemar wisata kuliner, siapkan paspor Anda.

Sebab, menurut TripAdvisor yang baru-baru ini mengeluarkan daftar kota-kota terbaik di dunia untuk penggemar kuliner, Anda sebaiknya memasukan kota-kota berikut sebagai destinasi impian.

Berdasarkan ulasan para pelancong di situs perjalanan TripAdvisor, ada tiga kota di Italia yang mendapatkan tempat dalam daftar tersebut.

Kota Roma meraih predikat pertama sebagai destinasi untuk pecinta makanan. Florence dan Venesia adalah kota lainnya di Italia yang masuk dalam daftar.

Semakin banyak wisatawan yang merencanakan destinasi liburannya dengan pertimbangan makanan.

Menurut data dari TripAdvisor, pemesanan untuk tur kuliner pada situs tersebut tahun lalu naik sebesar 61 persen dibanding tahun 2016.

"Pelancong semakin tertarik mencari pengalaman lokal dalam destinasi tujuan mereka dan tur makanan serta kelas memasak adalah cara terbaik untuk merasakan pengalaman tersebut. Lalu saat ia pulang membawa resep lokal dari destinasi tersebut atau restoran baru yang ditemukan saat liburan, hal-hal ini menjadi suvenir liburan yang terbaik," kata Laurel Greatrix, juru bicara TripAdvisor seperti dikutip dari HuffingtonPost.com.

Kota-kota kuliner terbaik berikut diurutkan berdasarkan ulasan pengguna TripAdvisor, rating, dan volume pemesanan wisata kuliner yang dipesan dari situs tersebut.

1. Roma

Tidak heran jika Roma yang memang terkenal sebagai kota kuliner, bisa menduduki peringkat satu. Baik Anda sekadar menikmati cacio e pepe yang disajikan di meja tepian Felice a Testaccio, sampai tur mencicipi gelato terbaik, Anda tidak akan puas menikmati makanan-makanan Roma dalam sekali kunjungan.

 

Salah satu tur kuliner yang paling banyak dipesan adalah tur makanan saat matahari terbenam di sekitar distrik Prati.

2. Florence    

Kota lainnya di Italia masuk dalam daftar ini. Mercato Centrale di Florence merupakan pengalaman wisata belanja khas Italia yang mengesankan.

Pasar terbuka yang berdiri pada tahun 1874 ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai stan makanan dan restoran.

Tur kuliner paling dipesan melalui TripAdvisor di kota ini  adalah kelas memasak dan makan siang di rumah pertenakan di Tuscan, peserta juga diajak tur ke pasar.

3. Paris

Dari menikmati roti croissants dan espresso di brassieri hingga mencicipi aneka keju dari fromagerie, Paris (Perancis) merupakan destinasi wisata untuk pecinta makanan.

Menara Eiffel, Paris, Perancis.cntraveler.com Menara Eiffel, Paris, Perancis.

 

Kota ini cocok untuk Anda yang merupakan pelancong santai yang makan apa saja tanpa rencana, maupun Anda senang mengikuti tren dengan jadwal tempat makan terencana rapi.

Tur kuliner paling dipesan melalui TripAdvisor adalah tur makan Paris yaitu menikmati rasa Montmartre.

4. Barcelona

Jika berencana ke Barcelona (Spanyol), pastikan Anda masukan pasar Mercat de la Boqueria dalam rencana perjalanan Anda.

Anda bisa mencicipi helados di Sprimfruit ataupun udang merah dari Ramblero. Tur kuliner paling banyak dipesan adalah tur kelas memasak khas Spanyol.

5. New Orleans

Ini adalah kota makanan di Amerika Serikat. Cicipi chicory coffee dan sugar-dusted beignets di Café Du Monde.

Jangan lupa menikmati buffalo shrimp po’boy di Avery’s On Tulane. Tur kuliner paling banyak dipesan adalah tur kuliner jalan kaki di kawasan French Quarter.

6. New York

Anda bisa menemukan berbagai macam makanan di setiap sudut kota New York, Amerika Serikat. Mulai dari restoran berbintang Michelin hingga loket-loket makanan untuk dimakan di jalan.

Penggemar makanan manis bisa cicipi hibiscus donuts dari Dough. Tur yang paling banyak dipesan adalah tur setengah hari yang memunculkan sisi-sisi terbaik dari segi budaya dan makanan Brooklyn.

7. Venesia

Kota Venesia di Italia merupakan kota makanan untuk segala kalangan. Penggemar wine bisa menikmati wine dan hidangan seafood yang unik di Al Covo.

Sementara itu, penggemar pasta bisa mampir ke Ristorante Trattoria Cherubino. Tur paling banyak dipesan adalah tur kuliner cicchetti dan wine.

8. Madrid

Jika Anda liburan ke Madrid, Spanyol, untuk menikmati tapas, maka pergilah ke Mercado de San Miguel.

Ini merupakan salah satu pasar tertua di Madrid dan menjadi destinasi gastronomi yang terkenal di kota Madrid.

Tur paling banyak dipesan adalah tur kuliner mencoba tapas Madrid dan tur mencicipi wine.

9. Tokyo
Tokyo, Jepang, tidak akan membiarkan Anda kelaparan, bahkan di tengah malam sekalipun.

Mulai dari pasar di tepian jalan yang sibuk atau sate cumi ikayaki yang dijual pedagang kaki lima, sampai restoran kontemporer seperti Butagami, Anda bisa menikmati berbagai makanan khas Jepang.

Tur paling banyak dipesan adalah tur menikmati makanan khas Jepang pada malam hari.

Pasar Terapung di Bangkok, ThailandThinkstock Pasar Terapung di Bangkok, Thailand
10. Bangkok

Jajanan kaki lima khas Thailand menjadi salah satu alasan terbesar mengapa begitu banyak orang datang ke Bangkok.

Mulai dari daging babi goreng di pasar Wang Lang, hingga tom yum kway teow yang dijual di pasar terapung Damnoen Saduak Floating Market.

Tur yang paling banyak dipesan adalah tur makan di Bangkok.


Komentar
Close Ads X