Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Rahasia Pesawat yang Diungkap Pilot

Kompas.com - 02/05/2018, 21:41 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan transportasi lain, penumpang pesawat tidak dapat melihat langsung kerja pengemudi, dalam hal ini pilot.

Hal yang umum dilakukan adalah penumpang duduk di bangku, beristirahat, dan menunggu sampai tujuan.

Sebenarnya untuk tahu kerja seorang pilot, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung di waktu tertentu. Seperti yang diungkapkan oleh pilot Thomas Cook Airlines, Vicky McCarthy (26) berikut.

1. Boleh masuk kokpit pesawat

"Kebanyakan orang takut tidak dapat masuk kokpit. Sebenarnya tidak ada salahnya bertanya kepada kru kabin. Jika terlalu sibuk di kokpit, maka kru kabin akan memberitahu," kata McCarthy.

Di maskapai Thomas Cook Airlines, McCarthy mengatakan ada larangan bagi penumpang masuk kokpit pesawat saat tengah terbang. Namun diperbolehkan saat di darat.

2. Pilot mengganti rute perjalanan saat badai

Sebelum berangkat, rute perjalanan telah direncanakan. Namun jika di tengah perjalanan terjadi badai, pilot akan berinisiatif mengganti rute yang direncanakan.

"Cuaca itu tidak dapat diprediksi. Sebelum berangkat kami memiliki tavel cuaca. Umum bagi pilot mengganti rute karena cuaca, dengan persetujuan pemantau lalu lintas (traffic controller)," jelas McCarthy.

Sebenarnya ia mengatakan pilot tidak merasa badai adalah situasi yang menakutkan. Biasanya pilot menghindari badai untuk kenyamanan penumpang.

3. Bilang saja kalau takut terbang

Jika penumpang takut terbang, tidak ada salahnya mengatakan kepada kru kabin. Mereka dilatih untuk menenangkan orang yang takut terbang.

"Mereka juga dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi. Jika perlu pilot akan menjelaskan lewat pengumuman," kata McCarthy.

4. Jika takut terbang, hindari minum alkohol

Kebanyakan orang berpikir minum alkohol yang banyak akan mengurangi rasa takut akan terbang. McCarthy menyarankan justru jauhi alkohol jika takut terbang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com