Sawah di Filipina pada Akhir Film Avengers, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 04/05/2018, 13:49 WIB
Persawahan Banaue di Filipina. goodnewspilipinasPersawahan Banaue di Filipina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di penghujung film Avengers 'Infinity War' ada satu adegan menarik, ketika Thanos duduk sambil tersenyum damai di pondokan sawah.

Pemandangan sawah tersebut tak lain adalah Teras Sawah Banaue di Filipina. Penjelasan lokasi syuting tertera di kredit akhir film.

Tentunya menarik, mengingat di daerah Indochina sebenarnya ada banyak sekali sawah dengan terasering. Namun apa bedanya Teras Sawah Banaue di Filipina dengan yang lain?

"Teras Sawah Banaue adalah warisan budaya nasional dari Filipna dan disebut sebagai '8th Natural Wonder of the World' (keajaiban dunia nomor 8) oleh banyak masyarakat Filipina," begitu keterangan yang tertulis pada situs Banaue Terraces.

Teras Sawah Banaue disebut telah ada sejak lebih dari 2.000 tahun lalu. Terasering sawah dibuat dengan tangan di daerah pegunungan Ifugao.

"Berada di ketinggian 1.500 meter di atas pemukaan laut, dan terletak di salah satu bagian paling terpencil pulau utama Luzon."

Dalam situs tersebut juga dijelaskan letak Teras Sawah Banaue yang terpencil menjadi tantangan tersendiri bagi turis. Namun pemandangan yang didapat dikatakan setimpal.

Teras Sawah Banaue di Luzon, Filipina. banaue terraces Teras Sawah Banaue di Luzon, Filipina.

Salah satu lokasi terbaik untuk melihat pemandangan Teras Sawah Banaue terbaik adalah Sunrise Viewpoint.

Ketika matahari terbit memantulkan sinar keemasan di terasering sawah yang penuh padi.

Pada 2009, Teras Sawah Banaue juga disebut bebas dari padi modifikasi genetik. Teknik bercocok tanam, juga disesuaikan dengan teknik menanam ratusan tahun lalu.

Waktu terbaik mengunjungi Teras Sawah Banaue adalah saat Februari-Maret, ketika waktu menanam padi dimulai dan Juni serta Juli ketika masa panen padi.

Selain teras sawah, lokasi pegunungan Ifugao juga terdapat air terjun yang menjadi obyek wisata turis. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X