Uniknya Papan Nomor Rumah dari Talenan di Kampung Jono, Solo

Kompas.com - 07/05/2018, 18:31 WIB
Mahasiswa dan warga Kampung Joho, Manahan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah melukis papan nomor rumah, Minggu (6/5/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Mahasiswa dan warga Kampung Joho, Manahan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah melukis papan nomor rumah, Minggu (6/5/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Gang masuk RT 007/ RW 010, Kampung Joho, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/5/2018) ditutup.

Penutupan akses masuk kampung itu mulai pukul 12.00 - 15.00 WIB.

Penutupan sementara gang masuk kampung tersebut bukan karena ada perbaikan jalan, melainkan untuk kegiatan bertajuk "Melukis 100 Papan Nomor Rumah".

Ada ratusan peserta terdiri warga, anak-anak dan mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Mereka saling beinteraksi, duduk bersila membaur menjadi satu di salah satu kampung wisata di Solo itu. Masing-masing membawa papan nomor rumah terbuat dari kayu pinus berbentuk talenan. Papan itu berukuran 20 x 10 cm.

Di samping mereka terdapat kuas dan cat tembok berwarna-warni. Cat tembok itu mereka gunakan sebagai media pewarna lukisan yang mereka lukiskan di papan nomor rumah itu.

Lukisan itu mereka buat secara spontanitas tanpa menggunakan pola.

Papan nomor rumah dari bahan kayu pinus berbentuk telenan di Kampung Joho, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/5/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Papan nomor rumah dari bahan kayu pinus berbentuk telenan di Kampung Joho, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/5/2018).

Motif lukisan yang mereka buat di papan nomor rumah bermacam-macam, dengan teman besar "Go Green". Lukisan itu menggambarkan identitas visual Kampung Joho.

Papan nomor rumah itu terlihat apik dan menarik. Di bagian tengah papan diberi ruang berbentuk lingkaran untuk menuliskan nomor rumah.

Papan nomor rumah yang sudah selesai dilukis dikeringkan dengan cara digantung di pagar depan salah satu rumah warga.

Setelah lukisan itu kering baru kemudian diberi nomor rumah dan ditempel di masing-masing rumah warga Kampung Joho.

Ketua Karang Taruna Kampung Joho, Ivan Rahmat Pamungkas, mengatakan kegiatan melukis papan nomor rumah merupakan kolaborasi antara warga RT 007 Kampung Joho dengan mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta.

Halaman:



Close Ads X