Tak Hanya Tempura, Ada Banyak Jenis Gorengan ala Jepang

Kompas.com - 08/05/2018, 07:28 WIB
Ini merupakan beberapa makanan yang digoreng ala Jepang, diantaranya masuk ke dalam kategori Kawari-age, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAHIni merupakan beberapa makanan yang digoreng ala Jepang, diantaranya masuk ke dalam kategori Kawari-age, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).

 JAKARTA, KOMPAS.com – Gorengan ala Jepang yang sudah banyak dikenal terutama oleh masyarakat di Indonesia adalah tempura.

Namun, ternyata gorengan ala Jepang tak melulu tempura. Di Jepang, makanan goreng-gorengan ini dikenal dengan nama Agemono.

“Age itu artinya goreng. Kalau Agemono ini sendiri sebenarnya bisa apa saja isinya, seperti daging, sayuran, dan seafood. Intinya makanan yang tidak mengandung terlalu banyak kadar air,” ujar salah satu juru masak yang ada di kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Chef Hori Ikuo di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Ia menjelaskan ada beberapa kategori Agemono. Untuk tempura sendiri masuk ke dalam kategori Koromo-age. Yakni gorengan yang sebelumnya dicelupkan ke dalam adonan yang basah.

Kakiage, gorengan ala Jepang yang terdiri dari sayur-sayuran, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kakiage, gorengan ala Jepang yang terdiri dari sayur-sayuran, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).
Selain tempura, makanan lainnya yang masuk dalam kategori yang sama yakni Kakiage atau gorengan yang terdiri dari sayur-sayuran.

Ada pula kategori yang tidak menggunakan apa pun yang dinamakan Su-age. Sehingga bahan tidak menggunakan pelapis atau tidak dibalut dengan apa pun.

Kemudian Kara-age gorengan yang diberi bumbu dan diberi tepung barulah digoreng.

Lalu kategori lainnya adalah Kawari-age. Pada dasarnya kategori ini mirip dengan karaage, tetapi ditambah dengan balutan bahan kering.

Sasami Gekkan Cornflake-Age, Torino Bareisho Maki-age, Mijinko-Age, Gorengan ala Jepang di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Sasami Gekkan Cornflake-Age, Torino Bareisho Maki-age, Mijinko-Age, Gorengan ala Jepang di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).
Tepung terigu biasanya hanya untuk sedikit melapisi bagian makanan. Gorengan kategori ini biasanya dilapisi dengan nori, lumpia, atau tepung roti.

Beberapa nama gorengan dari kategori Kawari-age yakni Ebi Mino-age, Mijinko-age, hotate, asparagus okaki-age, sasami gekkan cornflake-age, dan ika wafuu harumaki-age.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X