Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Gunung di Lembata Nusa Tenggara Timur untuk Wisata

Kompas.com - 08/05/2018, 16:14 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Lembata, salah satu pulau di NTT yang terkenal dengan taman lautnya, juga punya pegunungan unik.

Tiga gunung yang kini giat dipromosikan Kabupaten Lembata ialah Ile Lewotolok, Ile Batutara, dan Ile Werung sebagai daya tarik wisata alam, yang hanya ada di Kabupaten Lembata.

Keunikan dari ketiganya berbeda beda, mulai dari Gunung Ile Batutara, yang mengalami letusan setiap 20 menit sekali dan dapat disaksikan dalam jarak dekat sekitar 50 meter.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur saat meluncurkan Festival 3 Gunung (F3G) di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (7/5/2018) mengatakan pada tahun 2017 gunung tersebut masuk nominasi sebagai destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua di Indonesia.

"Ile Batutara sudah memiliki brand, karena meraih medali perak dengan kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017,” kata Eliaser saat sambutannya.

Lembataindonesia-tourism.com/ Lembata

Demikian pula Gunung Ile Lewotolok, yang memiliki kawah yang luas di puncaknya. Elias menggambarkan, kawah berpasir putih itu memiliki luas dua kali lapangan sepak bola.

"Luas dan berpasir putih menyerupai lapangan, dan bisa digunakan untuk bermain sepak bola volcano," terangnya.

Di lereng gunung berapi ini terdapat obyek wisata budaya berupa rumah adat, memiliki kegiatan seremonial yang unik dan menjadi salah satu daya tarik wisata.

Untuk Gunung Ile Werung, memiliki panorama alam yang eksotik, terdapat sarang burung walet dan goa atau terowongan dari dalam gunung yang menembus hingga pantai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata, Apolonaris Mayan mengatakan ketiganya akan jadi cirikhas baru Lembata, selain wisata bawah lautnya.

Memandang laut dari Bukit Doa Watomiten, di Desa Bour, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. SENDY ADITYA SAPUTRA Memandang laut dari Bukit Doa Watomiten, di Desa Bour, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

"Kami punya agenda wisata tahunan yang besar di sini. Harapannya tiga gunung ini akan jadi ikon baru pariwisata Lembata di kancah nasional dan internasional," pungkasnya.

Tahun ini, 19 rangkaian acara Festival 3 Gunung, untuk pertama kalinya diselenggarakan di Lembata, mulai 22-29 September 2018. Mayoritas lokasi acara bertempat di tiga gunung tersebut.

Ada Festival Payung Lembata, Festival Paralayang International, Pesta Kacang Ile Ape, Lamalera Whale Catching Adventure, Visite To Barter And Night Market, Volcano Foot Ball Exhibition, NTT Fashion Carnaval 2018, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com