Kunci Membuat Udang Tetap Lurus dalam Gorengan Ala Jepang - Kompas.com

Kunci Membuat Udang Tetap Lurus dalam Gorengan Ala Jepang

Kompas.com - 09/05/2018, 07:29 WIB
Ebi Mino-Age, goreng udang lapis kulit lumpia potong, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Ebi Mino-Age, goreng udang lapis kulit lumpia potong, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Coba perhatikan bentuk udang ketika Anda makan gorengan ala Jepang yakni tempura. Udang tersebut berbentuk lurus, tidak melingkar seperti jika digoreng krispi.

Salah satu juru masak di kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Chef Hori Ikuo, mengatakan ada hal-hal yang dilakukan untuk membuat udang tetap lurus saat disajikan.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengupas udang, kemudian membersihkan urat yang ada pada punggung udang. Tujuannya untuk menghilangkan rasa pahit.

Chef Hori Ikuo sedang mencontohkan membuat udang tetap lurus untuk gorengan ala Jepang, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Chef Hori Ikuo sedang mencontohkan membuat udang tetap lurus untuk gorengan ala Jepang, di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Setelah itu, udang diberi garam untuk menghilangkan rasa amis dan dibilas menggunakan air bersih.

“Setelah itu biar bentuk udang tidak bulat, bagian perut udang diiris-iris sekitar satu per tiga. Lalu udang dipijat untuk direnggangkan otot-ototnya,” ujar Chef Hori Ikuo di Kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Ia menjelaskan, cara peregangan udang ini membuat udang lebih besar dan mudah dimakan. Biasanya cara ini digunakan untuk membuat ebi furai dan tempura.

Tak lupa, bagian buntut udang sedikit dipotong. Tujuannya untuk menghilangkan air yang tersisa di sela-sela ekor sehingga proses penggorengan menjadi sempurna.



Close Ads X