Liburan Hemat di Jepang yang Anti-mainstream, Contek “Itinerary” Ini - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Liburan Hemat di Jepang yang Anti-mainstream, Contek “Itinerary” Ini

Kompas.com - 09/05/2018, 09:05 WIB
berjalan-jalan di daerah Bikanchi-ku KARAKSA MEDIA berjalan-jalan di daerah Bikanchi-ku

KOMPAS.com - Seorang penulis asal Jepang, Ihara Kaoru, akan merekomendasikan rencana perjalanan di Jepang yang masih jarang dikunjungi wisatawan asal Indonesia. Ihara sendiri adalah railway writer atau penulis tentang kereta api yang aktif di daerah Kansai, Jepang. Jadi, artikel berikut merupakan rencana perjalanan dengan menggunakan tiket Seishun 18 Kippu.

Tiket “Seishun 18 Kippu” merupakan tiket hemat yang dikeluarkan oleh perusahaan JR Tokai. Kita bisa menggunakan untuk kereta biasa, kereta ekspress dan BRT (Bus Ekspress antar kota) serta kapal Feri Miyajima yang dioperasikan oleh JR West. Di Jepang sendiri tiket ini sering digunakan oleh pecinta kereta atau wisatawan lokal.

(BACA: "Tiket Ini Rahasia Trik Hemat Biaya Perjalanan di Jepang")

Ihara sendiri kerap membagikan informasi mengenai kereta melalui majalah, website, dan acara tertentu. Dia bahkan menjadi pembicara dalam sebuah acara televisi. Berikut rekomendasi rencana perjalanan dengan tiket “Seishun 18 Kippu”.

Perjalanan pulang-pergi ke Takamatsu: Kuil Kotohiragu dan Udon

Daerah Takamatsu yang bisa dikunjungi pergi-pulang (PP) dari stasiun Shin-Osaka ini sangat cocok untuk orang yang kali pertama mencoba menggunakan tiket Seishun 18 Kippu.

Sanuki Udon KARAKSA MEDIA Sanuki Udon
Nikmati Sanuki Udon di restoran terkenal yang dapat ditemukan di sekitar depan stasiun Takamatsu dan tempat lainnya di daerah ini. Kita dapat menggunakan JR line dan Takamatsu Kotohira Railway (Tidak termasuk dalam Seishun 18 Kippu) untuk berwisata kuliner udon di sini.

Setelah kenyang menyantap udon, kita bisa mengunjungi kuil Kotohiragu yang terkenal dengan dewa laut Konpira-san. Untuk mencapai ke kuil utama kita perlu mendaki 785 anak tangga dari batu. Lalu, kuil terdalam dapat dicapai dengan mendaki 583 anak tangga batu lagi.

Di sekitar daerah ini pun kita dapat menemukan hidangan terkenal dari daerah Kagawa ini berupa Hone Tsuki Tori (olahan ayam). Hidangan ini menggunakan rempah khusus sebagai bumbunya dengan tekstur garing di luar dan lengas di dalam.

Perjalanan 2 hari 1 malam ke Hiroshima: Pemandangan alam dan Okonomiyaki

Tidak hanya perjalanan pergi pulang, coba juga perjalanan dua hari satu malam untuk menikmati pemandangan indah di Hiroshima. Di sini kita juga dapat menggunakan tiket ini untuk naik kapal Feri ke Pulau Miyajima.

kapal Feri ke Pulau Miyajima. KARAKSA MEDIA kapal Feri ke Pulau Miyajima.
Berikut rencana perjalanan dua hari satu malam yang bisa dijadikan referensi bagi Anda.

Pertama, kita bisa berjalan-jalan di daerah Bikanchi-ku yang terkenal dengan Kurashiki (sejenis rumah zaman dulu) bertembok putih yang cantik. Di daerah yang hanya berjarak 15 menit dari stasiun Kurashiki ini, terdapat museum Ohara dan memorial hall Hoshino Sennichi. Pemandangan kota menuju tempat ini pun cantik.

Lalu, nikmati pemandangan teluk Setonai yang terlihat dari kuil Senkoji di atas bukit. Kuil ini dapat diakses dengan ropeway. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan Onomichi Suido (aliran air menuju laut daerah Onomichi) dan Pulau Inoshima. Kita bisa pulang dengan menggunakan jalan “Bungaku no Michi” berupa tangga yang memiliki batu besar bertuliskan kanji.

Setelahnya, nikmati juga kuliner okonomiyaki terkenal dari daerah Hiroshima yang disebut Hiroshimayaki. Setiap restoran memiliki rasa khasnya tersendiri. Bila tertarik untuk berwisata kuliner, Anda bisa coba membandingkan berbagai rasa khas pada masing-masing restoran.

Provided by Japan Walker™, Kansai Walker™ (26 February 2018)

Komentar