Ini Pemandangan di Dasar Curug Baliung, Leuwi Lieuk, Leuwi Cepet Bogor

Kompas.com - 09/05/2018, 18:50 WIB
Menyelam atau freediving di Curug Baliung atau disebut Leuwi Liung, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin (7/5/2018). KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYATMenyelam atau freediving di Curug Baliung atau disebut Leuwi Liung, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin (7/5/2018).

BOGOR, KOMPAS.com - Bagi kalian yang tinggal jauh dari laut tapi berhasrat ingin menyelam dan berpetualang di alam bebas, bisa mencoba menjelajahi pemandangan bawah air di beberapa lubuk sungai di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menikmati pemandangan sungai dari atas tentu biasa, kini yang anti-mainstream yaitu menyelam menikmati pemandangan bagian yang berlekuk dalam di sungai (lubuk), atau dalam bahasa Sunda disebut leuwi.

Kompas.com mencoba menyelam bebas atau freediving di tiga leuwi yang jaraknya hanya 60 kilometer dari Ibu Kota Jakarta, yaitu Leuwi Liung atau Curug Baliung, Leuwi Lieuk, dan Leuwi Cepet di Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Wisata Baru, Menyelam di Air Terjun Keren di Bogor

Patokan menuju lokasi yaitu dari Tol Jagorawi keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan atau Sentul City. Kemudian, jika menggunakan peta digital, arahkan mobil atau sepeda motor menuju Leuwi Hejo, nanti akan melewati JungleLand Sentul, pertigaan objek wisata Gunung Pancar.

Setelah sampai dan parkir kendaraan bermotor di Leuwi Hejo, kita harus trekking 45 menit sejauh 2 kilometer menuju Curug Baliung. Selama trekking akan melewati Leuwi Hejo, Leuwi Cepet, dan Leuwi Lieuk. Semua lokasi telah tersedia kamar ganti, warung tempat makan dan minum.

Hamparan batu

Trekking ke Curug Baliung akan sangat menyenangkan, karena kita disuguhkan pemandangan lereng gunung dan nun jauh di bawah terlihat aliran sungai deras membelah hutan hijau. Sesekali kita melintasi hutan kopi robusta.

Akan ada penyeberangan basah. Tidak ada jembatan lho, sehingga kita harus basah-bahasan menyeberang sungai. Tidak perlu takut, sebab airnya segar, tidak terlalu deras, dan tidak dalam. Justru seru kan?

Curug Baliung sebenarnya pantas disebut leuwi saja. Air terjunnya hanya setinggi 3 meter, namun lubuknya yang begitu luas dengan titik terdalam 5 meter saat debit air normal.

Batu-batuan bongkah lava yang membeku menghiasi sisi-sisi curug. Pun di dalam air pemandangan batuan sama terhampar dari batu yang kecil hingga bongkah besar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X