5 Pantai di Batang yang Harus Anda Kunjungi - Kompas.com

5 Pantai di Batang yang Harus Anda Kunjungi

Kompas.com - 10/05/2018, 11:04 WIB
Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

BATANG, KOMPAS.com – Kabupaten Batang yang masuk dalam garis Pantai Utara (Pantura), memiliki deretan pantai yang tak kalah indah dari daerah lain.

Bahkan, beberapa pantai favorit di Batang, memiliki kekhasan tersendiri yang bisa dinikmati wisatawan.

“Pantai kita mulai sebelah barat ada Cigandu, dan sampai ke Pantai Ujung Negoro, satu deret pantai sepanjang lima kilometer,” kata Wahyu Budi Santoso, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batang, di Batang, Kamis (3/5/2018).

Baca juga : Lewat Pantura, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Batang Ini

Di beberapa pantai Batang, memiliki sumber air tawar yang sangat dekat dengan bibir pantai. Anda akan mudah membilas badan setelah berenang.

“Pantai Batang punya karakteristik lebih landai, tenang, jadi memang cocok buat wisata sport tourism mulai dari banana boat, jet ski, dan lainnya,” tutur Wahyu.

1. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu terletak sekitar dua kilometer sebelah utara Batang. Dari Jalur Pantura hanya 10 menit menuju pantai ini.

Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Pasir putih dengan panorama matahari terbit dan terbenamnya amat memikat wisatawan.

Fasilitas di pantai ini pun sudah cukup komplet, mulai tempat parkir, toilet, resto, hingga mushala.

Baca juga : Mudik Lewat Pantura, Sempatkan Mampir ke Wisata Unggulan di Batang

Pantai ini juga bersebelahan dengan Batang Dolphin Centre, dari Taman Safari Indonesia. Anda bisa sekalian mengunjunginya untuk melihat atraksi lumba-lumba yang legal.

2. Pantai Jodo

Pantai Jodo, terletak di Dukuh Buntu, Desa Sidorejo, Kabupaten Batang. Untuk menuju ke sini, berjarak 10 kilometer dari SPBU Kecamatan Gringsing.

Pantai yang masih alami ini merupakan sabuk hijau cemara laut yang teduh, sehingga sering digunakan untuk berkemah, oleh wisatawan.

Saat ini di dekat pantai tersebut sedang dikembangkan wisata paralayang, di Bukit Kedawung, Desa Sikuping

3. Pantai Kuripan

Pantai Kuripan terletak di Desa Kuripan Subah. Wisatawan dapat mengakses pantai ini melalui Jalur Pantura, Pasar Subah sekitar 10 kilometer.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi yang masih asri dan alami. Ombaknya yang tenang dan landai bisa dinikmati dengan berenang, dan memancing ikan.

Selain pemandangan laut yang bagus, pantai ini memiliki pemandangan unik, karena dekat dengan jalur kereta api, Stasiun Kuripan.

4. Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Pantai Ujung Negoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, sekitar 12,8 kilometer dari pusat kota. Namun, dari Jalur Pantura dijangkau hanya 15 menit.

Pantai ini termasuk wisata unggulan di Batang, karena selain menawarkan keindahan pemandangannya, juga terdapat beberapa atraksi wisata menarik.

Di sini wisatawan bisa memancing, menelusuri goa yang ada di dekatnya, lalu ada bukit yang bisa didaki untuk melihat pemandangan.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke sentra pembuatan terasi, tepat di samping pantai tersebut, dan membawanya sebagai oleh-oleh pulang ke rumah.

Bagi yang hobi memancing, jangan lewatkan memancing di area batu karang di sisi tebing samping pantai. Titik tersebut jadi tempat favorit wisatawan memancing berbagai ikan laut.

5. Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pantai Cemoro Sewu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Pantai Cemoro Sewu merupakan pantai yang ditanami sangat banyak pohon cemara. Dahulu, pohon cemara ditanam untuk mencegah abrasi.

Namun saat ini malah menjadikan pantai tersebut indah, dan sejuk di bawah deretan pohon cemara.

Anda bisa berkemah, hammocking, dan outbound di bibir pantainya. Pantai ini masih dikelola masyarakat, belum ada tarif khusus, hanya biaya parkir.

Terdapat karang maheso, karang yang cukup terkenal sebagai tempat memancing wisatawan, terutama pehobi mancing di Jalur Pantura.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X