Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samosir Kembangkan 2 Destinasi Wisata Baru

Kompas.com - 11/05/2018, 12:17 WIB
I Made Asdhiana

Editor

SAMOSIR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mengonsep Balai Benih Ikan dan pembangunan Patung Yesus menjadi kawasan tujuan wisata baru di "Negeri Indah Kepingan Surga" ini.

"Pemandangan alam dan perairan Danau Toba di dua tempat itu sangat indah, cocok untuk dikembangkan," kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Jumat (11/5/2018).

Di Balai Benih Ikan (BBI), Kecamatan Harian Boho, nantinya, wisatawan bisa memancing dan menangkap ikan, sedangkan di kawasan Patung Yesus, Kecamatan Harian, menjadi wisata rohani.

Baca juga : Ramah dan Senyum, Tugas Berat Samosir Genjot Pariwisata

Pemkab setempat membuka akses jalan yang layak menuju lokasi yang akan mendukung daerah wisata air terjun Efrata, Bukit Cinta dan Menara Pandang Tele.

Bupati berpesan kepada pengelola BBI agar memperluas pola pikir untuk mengembangkan potensi yang ada dengan menanami buah-buahan, seperti pepaya dan jagung.

Baca juga : Catat Ini Jadwal Horas Samosir Fiesta 2018

Diharapkan juga dukungan dan partisipasi masyarakat sekitar dalam penuntasan pembangunannya, karena akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wisatawan domestik di Menara Pandang Tele melihat panorama Danau Toba dari ketinggian. Menara ini berada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Wisatawan domestik di Menara Pandang Tele melihat panorama Danau Toba dari ketinggian. Menara ini berada di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro mengatakan, dua kawasan baru itu akan dimasukkan menjadi sebuah paket wisata.

Kabupaten Samosir memiliki ratusan destinasi wisata alam, budaya dan situs sejarah yang tersebar di sembilan kecamatan, dan memasukkan puluhan kegiatan seni budaya lokal dan internasional dalam pergelaran tahunan, Horas Samosir Fiesta.

Ombang menegaskan keseriusan pemerintah setempat mendukung pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com