Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Erupsi, Ini Alternatif Transportasi dari atau ke Yogyakarta

Kompas.com - 11/05/2018, 14:47 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Merapi di Jawa Tengah kembali mengalami erupsi, Jumat (11/5/2018). Erupsi terjadi sekitar pukul 07.50 WIB. Bandara Adisucipto di Yogyakarta melakukan buka tutup penerbangan, sesuai pantauan dari kondisi erupsi Gunung Merapi.

Bagi wisatawan yang ingin bepergian dari atau ke Yogyakarta dapat mengandalkan beberapa alternatif transportasi selain pesawat terbang. Kereta api menjadi alternatif favorit wisatawan ke Yogyakarta, disusul bus.

Dari pantauan KompasTravel untuk Jumat (11/5/2018), gerbong kereta api ke Yogyakarta dari Jakarta masih ada, menggunakan KA Taksaka Tambahan. Kelas eksekutif tersebut berangkat dari Stasiun Gambir pukul 19.30 WIB.

Baca juga : 5 Obyek Wisata Ditutup Akibat Erupsi Gunung Merapi

Selain itu, seluruh rangkaian gerbong KA eksekutif, bisnis, dan ekonomi dari Jakarta ke Yogyakarta sudah habis. Begitu pula rangkaian gerbong KA eksekutif dan ekonomi dari Jakarta ke Solo dan Semarang.

Alternatif lainnya adalah menggunakan bus antar kota antar provinsi, sebelumnya dapat menghubungi dahulu PO bus untuk ketersediaan dan jadwal berangkat.

Baca juga : Dampak Erupsi Merapi, Penerbangan di Bandara Adisutjipto Tertunda

Untuk pesawat, masih ada ketersediaan tiket pesawat dari Jakarta ke Solo dan Semarang. Seluruh penerbangan ke lokasi tersebut dimulai dari Rp 700.000-an sekali jalan.

Dari Yogyakarta ke Jakarta

Jumat (11/5/2018), Kota Yogyakarta mengalami hujan abu, imbas dari erupsi Gunung Merapi. Masih tersedia penerbangan dari Solo ke Jakarta yang dihargai mulai Rp 400.000. Sedangkan penerbangan dari Semarang ke Jakarta dihargai mulai Rp 300.000.

Alternatif lain adalah KA Taksaka, Gajayana, Senja Utama, dan Gajahwong dari Stasiun Tugu, Yogyakarta menuju Stasiun Gambir dan Senen, Jakarta. Tiket KA dihargai mulai Rp 200.000-an. 

Bus juga dapat menjadi alternatif lain dari Yogyakarta menuju Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 12 jam perjalanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com