Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2018, 15:39 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.comMuseum Gunung Api Merapi yang terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta terkena dampak erupsi Gunung Merapi.

Akibatnya, museum ini pun ditutup sejak Jumat (11/5/2018) pagi.

“Kalau untuk hari ini (Jumat 11/5/2018) kita tutup. Karena sekitar jam 09.00 WIB tadi penuh dengan debu, abu, dan pasir halus. Sehingga hari ini dan besok kita kegiatan pembersihan dulu,” ujar Plt Kepala UPT Museum Gunung Api Merapi, Ari Triyono kepada KompasTravel saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Baca juga : Hindari Merapi, Ini Jarak Aman untuk Wisatawan

Ia menjelaskan, pada pagi hari tadi karyawan yang bekerja di Museum Gunung Api Merapi terlebih dahulu mengurusi keluarganya. Pasalnya, sebagian besar rumah karyawan berada di kawasan Kaliurang.

Kondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018). DOK. Museum Gunung Api Merapi Kondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018).
“Tadi sempat mau buka, tapi sebagian pegawai mengkondisikan keluarga dulu, karena kan masih traumatik. Setelah tenang mereka kembali dan mengamankan museum,” kata Ari.

Baca juga : Merapi Erupsi, Ini Alternatif Transportasi dari atau ke Yogyakarta

Dampak dari erupsi Gunung Merapi ini mengakibatkan tempat parkir pun diselimuti debu. Sehingga, menurut Ari, sebelum besok museum dibuka untuk umum akan dilakukan pembersihan halaman parkir.

“Tapi Insya Allah besok Sabtu sudah operasional seperti biasa. Pertama kita fokus pembersihan abu supaya pengunjung yang datang nyaman,” katanya.

Selain itu, Ari menambahkan, pihaknya akan meminta bantuan tangki air kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat. Nantinya air akan disemprotkan ke halaman yang terkena abu vulkanik.

Dengan demikian, meski ada pembersihan halaman parkir, wisatawan bisa berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi besok (Sabtu) pagi mulai pukul 08.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com