Terdampak Erupsi Merapi, Museum Gunung Api Merapi Hari Ini Tutup

Kompas.com - 11/05/2018, 15:39 WIB
Kondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018). DOK. Museum Gunung Api MerapiKondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018).

 JAKARTA, KOMPAS.comMuseum Gunung Api Merapi yang terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta terkena dampak erupsi Gunung Merapi.

Akibatnya, museum ini pun ditutup sejak Jumat (11/5/2018) pagi.

“Kalau untuk hari ini (Jumat 11/5/2018) kita tutup. Karena sekitar jam 09.00 WIB tadi penuh dengan debu, abu, dan pasir halus. Sehingga hari ini dan besok kita kegiatan pembersihan dulu,” ujar Plt Kepala UPT Museum Gunung Api Merapi, Ari Triyono kepada KompasTravel saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Baca juga : Hindari Merapi, Ini Jarak Aman untuk Wisatawan

Ia menjelaskan, pada pagi hari tadi karyawan yang bekerja di Museum Gunung Api Merapi terlebih dahulu mengurusi keluarganya. Pasalnya, sebagian besar rumah karyawan berada di kawasan Kaliurang.

Kondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018). DOK. Museum Gunung Api Merapi Kondisi halaman Museum Gunung Api Merapi pasca erupsi Gunung Merapi, Jumat (11/5/2018).
“Tadi sempat mau buka, tapi sebagian pegawai mengkondisikan keluarga dulu, karena kan masih traumatik. Setelah tenang mereka kembali dan mengamankan museum,” kata Ari.

Baca juga : Merapi Erupsi, Ini Alternatif Transportasi dari atau ke Yogyakarta

Dampak dari erupsi Gunung Merapi ini mengakibatkan tempat parkir pun diselimuti debu. Sehingga, menurut Ari, sebelum besok museum dibuka untuk umum akan dilakukan pembersihan halaman parkir.

“Tapi Insya Allah besok Sabtu sudah operasional seperti biasa. Pertama kita fokus pembersihan abu supaya pengunjung yang datang nyaman,” katanya.

Selain itu, Ari menambahkan, pihaknya akan meminta bantuan tangki air kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat. Nantinya air akan disemprotkan ke halaman yang terkena abu vulkanik.

Dengan demikian, meski ada pembersihan halaman parkir, wisatawan bisa berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi besok (Sabtu) pagi mulai pukul 08.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X