Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Erupsi, Hotel-hotel di Kaliurang Beroperasional Normal

Kompas.com - 11/05/2018, 16:20 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat (11/5/2018) pagi, Gunung Merapi mengalami erupsi sekitar pukul 07.50 WIB. Dampak dari erupsi tersebut hujan abu melanda Yogyakarta dari pagi sampai siang hari. Namun operasional hotel, terutama di kawasan Kaliurang tetap berjalan normal.

"Sementara ini tidak ada imbauan bagi para tamu, karena dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sendiri tidak meningkatkan status Gunung Merapi," kata Manager Kalyana Resort, Kaliurang, Yogyakarta, Yohanes Widi Astono saat dihubungi KompasTravel, Jumat (11/5/2018).

Menurut Yohanes, imbauan penutupan baru diumumkan untuk wisata di sekitar Gunung Merapi. Sedangkan Kalyana Resort yang berada tujuh kilometer dari Merapi, operasional berjalan seperti biasa.

"Tadi pagi memang hujan abu, sekarang sudah dibersihkan," kata Yohanes.

Meski begitu ia mengatakan ada tamu yang melakukan pembatalan pemesanan hotel untuk satu sampai dua hari ke depan.

Baca juga : Hindari Merapi, Ini Jarak Aman untuk Wisatawan

Sama dengan Kalyana Resort, @K Hotel di daerah Kaliurang, Yogyakarta juga tetap beroperasional normal.

"@K hotel tidak ada dampak apa pun terkait dengan erupsi Merapi. Hanya terkena debu saja," jelas Asst. Sales Manager @K Hotel Kaliurang, Sasha.

Pengendara melintas di jalur Boyolali-Magelang berlatar belakang letusan freatik Gunung Merapi di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/5). Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terjadi letusan freatik Gunung Merapi disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah pada pukul 07.32 WIB. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pengendara melintas di jalur Boyolali-Magelang berlatar belakang letusan freatik Gunung Merapi di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/5). Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terjadi letusan freatik Gunung Merapi disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah pada pukul 07.32 WIB.
Hotel yang berjarak delapan kilometer dari Gunung Merapi ini mengatakan tamu tetap check in sesuai waktu dan beberapa melakukan perpanjangan masa inap.

Jika memang terjadi peningkatan status erupsi Gunung Merapi, hotel-hotel di kawasan Kaliurang, dijelaskan oleh Yohanes dan Sasha telah memiliki standar pengamanan bencana.

Seperti melakukan evakuasi tamu, mengamankan hotel, dan menunggu informasi resmi pemerintah mengenai kondisi Gunung Merapi.

Pengamanan bencana seperti di atas telah dilakukan hotel-hotel daerah Kaliurang saat erupsi Gunung Merapi pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com