Ini Alasan Cordela Bangun Hotel di Sumsel dan Bengkulu - Kompas.com

Ini Alasan Cordela Bangun Hotel di Sumsel dan Bengkulu

Kompas.com - 12/05/2018, 08:42 WIB
Air Terjun Temam di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.
JUARA.NET/SEPTIAN TAMBUNAN Air Terjun Temam di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Jelang Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, Kota Palembang, Sumatera Selatan butuh banyak kamar.

Omega Hotel Management (OHM), salah satu anak perusahaan Alfaland Group, hadir di Palembang menggarap 2 buah hotel yakni Cordela Inn R Sukamto-Palembang dan Cordela Inn Pakjo di Jalan Inspektur Marzuki-Palembang.

"Selain dua hotel di Palembang, berikut satu hotel di Sekayu, satu hotel di Lubuklinggau dan ditambah lagi satu hotel akan segera dibuka di Bengkulu," kata Operation Director OHM, Aswin B Drajat dalam acara penandatanganan kontrak kerja sama antara pihak manajemen dan para investor di Palembang, Senin (7/5/2018) lalu.

Baca juga: 5 Cordela Hotel Segera Beroperasi di Sumsel dan Bengkulu

Kelima investor hadir membubuhkan tanda tangan untuk pembangunan kelima hotel di Sumsel dan Bengkulu tersebut.

Penandatanganan kontrak kerja sama antara pihak Omega Hotel Management, operator Cordela Hotel dan para investor di Palembang, Senin (7/5/2018). Sebanyak 5 hotel akan segera beroperasi di Sumsel, 2 hotel di Palembang, 1 hotel di Sekayu, 1 hotel di Lubuklinggau dan 1 hotel di Bengkulu.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Penandatanganan kontrak kerja sama antara pihak Omega Hotel Management, operator Cordela Hotel dan para investor di Palembang, Senin (7/5/2018). Sebanyak 5 hotel akan segera beroperasi di Sumsel, 2 hotel di Palembang, 1 hotel di Sekayu, 1 hotel di Lubuklinggau dan 1 hotel di Bengkulu.
Hotel yang diharapkan segera beroperasi pada Juli 2018 menyambut Asian Games adalah Cordela Inn R Sukamto – Palembang. Sementara Cordela Inn Pakjo direncanakan selesai tahun 2019.

Kurnia Sukrisna, Chief Operating Officer (COO) OHM mengatakan, Cordela Inn merupakan hotel berkonsep bed and breakfast.

"Tumbuhnya generasi milenial ditambah semakin maraknya gaya travel yang memadukan business and leisure menjadi sasaran utama kami menyediakan pilihan akomodasi yang simple, didukung high speed wifi dan harga yang affordable," kata Kurnia.

Kamar di Hotel Cordela Omega Hotels Management Kamar di Hotel Cordela
Lanang Diayudha, Senior Business Development Manager OHM mengatakan pembangunan jaringan Cordela Hotels ini tak hanya merambah kota besar seperti Palembang untuk menyasar tamu bisnis dan leisure tetapi juga membidik Bengkulu dengan mendirikan Cordela Inn Bengkulu.

Selain ibu kota provinsi, OHM juga menyasar ibu kota kabupaten yakni pembangunan Grand Cordela Hotel Muba - Sekayu dan Grand Cordela Hotel Lubuklinggau.

Baca juga: Air Terjun Temam di Sumsel Ini Digandrungi Turis Korea

Di Lubuklinggau ada Air Terjun Temam yang dikenal sebagai "Niagara Lubuklinggau".  Keindahan air terjun ini diminati turis Korea dan Malaysia.

Andy Praseteo, Dirut PT Graha Anandya, pemilik Cordela Inn R Sukamto-Palembang.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Andy Praseteo, Dirut PT Graha Anandya, pemilik Cordela Inn R Sukamto-Palembang.
Andy Praseteo, Dirut PT Graha Anandya, pemilik Cordela Inn R Sukamto-Palembang kepada KompasTravel mengakui bahwa ini merupakan hotelnya yang pertama.

"Ini hotel kami yang pertama. Mudah-mudahan tumbuh dengan baik. Apalagi ketika dibuka (Juli 2018), berlangsung ajang Asian Games. Saat Asian Games berlangsung, tamu pasti full. Setelah Asian Games, kami perkirakan occupancy sekitar 60-70 persen," katanya.

Menurut Andy, memiliki 60 kamar, Cordela Inn R Sukamto - Palembang memiliki 60 kamar. "Lokasinya strategis dan menyasar tamu bisnis. Hotel ini memiliki meeting room dan sky lounge di lantai 5," katanya.

Yang unik lagi, lanjut Lanang, adalah pembangunan Grand Cordela Hotel Muba - Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang memiliki ballroom untuk menampung sekitar 1.000 orang. "Ini hotel berkonsep resor," katanya.

Tambang minyak tersebar di Muba, sehingga banyak ekspatriat berdomisili di Sekayu.

Lucianty, pemilik Grand Cordela Hotel Muba-Sekayu, Sumatera Selatan.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Lucianty, pemilik Grand Cordela Hotel Muba-Sekayu, Sumatera Selatan.
"Kota Sekayu menonjolkan wisata olahraga. Ada sirkuit, pacuan kuda, kolam renang standar internasional, lapangan terbang juga ada," kata Lucianty, pemilik Grand Cordela Hotel Muba-Sekayu.

Menurut Lucianty, saat SEA Games 2011 berlangsung di Sumsel, ada beberapa cabang olahraga digelar di Sekayu.

"Ada danau tapi belum dikelola dengan baik. Kalau lewat darat dari Palembang menghabiskan waktu 2,5 sampai 3 jam menuju Sekayu," kata perempuan yang memiliki galeri di Kedai Tiga Nyonya Palembang.

Perempuan yang menyukai barang antik ini menginginkan sebuah resor yang menghadirkan nuansa alam di Sekayu sehingga tamu merasa nyaman bermalam di sana.

"Saya minta kepada arsitek untuk memberikan saya space di lobi untuk memajang koleksi saya apakah itu porselen atau kain khas Palembang," tambahnya.

OHM yang merupakan salah satu anak perusahaan Alfaland Group saat ini mengoperasikan 10 hotel dengan lima brand, yakni Cordex (budget), Cordela Inn (bed & breakfast), Cordela Hotel (bintang 2), hingga Grand Cordela (bintang 3) dan Alfa Resort.

Saat ini Omega Hotel Management memiliki properti di Kota Bandung, Kuningan, Cirebon, Yogyakarta, Medan, Pangkalpinang, Jakarta, dan Palembang.


Close Ads X