5 Wisata Keren di Jogja untuk Menghabiskan "Weekend"

Kompas.com - 12/05/2018, 16:04 WIB
Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY. BARRY KUSUMAGoa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.

KOMPAS.com - Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menyuguhkan berbagai tempat wisata menarik dengan sajian kuliner lezat menjadikan Jogja sebagai kota yang istimewa.

Apakah Anda berencana menghabiskan akhir pekan di Jogja? Jika iya, ada berbagai tempat wisata jogja yang bisa dikunjungi. Simak ulasannya berikut ini.

Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.BARRY KUSUMA Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.

1. Goa Jomblang
 
Goa yang berada di Gunungkidul ini memang memiliki keunikan dan keindahan yang tidak terbantahkan. Goa yang terbentuk akibat proses geologi ini menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa.

Jika goa pada umumnya memiliki bentuk horizontal sedangkan Goa Jomblang berbentuk vertikal dan terletak di bawah tanah.

Untuk bisa masuk ke dalam goa ini, Anda diharuskan menggunakan alat-alat keselamatan yang telah disediakan oleh operator setempat.

Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.BARRY KUSUMA Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.
Bahkan, untuk turun pun Anda akan dikerek menggunakan tali setinggi 60 meter dengan bantuan 3-4 orang dewasa.

Tidak perlu takut karena perjuangan Anda akan terbayarkan dengan kehadiran beberapa tumbuhan yang tumbuh merimbun dan juga dinding kapur yang ditumbuhi oleh tanaman perdu.

Eits, tapi bukan hanya itu. Siap-siap terpana karena atraksi sesungguhnya justru ada pada Ray of Light yang muncul dari mulut goa saat matahari tepat berada di atas, menciptakan efek putih terang bak cahaya dari surga.

Merapi lava tourKompas.com/Ari Prasetyo Merapi lava tour

2. Lava Tour Merapi
 
Berwisata ke Jogja rasanya tidak lengkap tanpa melakukan Lava Tour Merapi. Menyusuri lereng gunung dengan suguhan pemandangan yang beragam, seperti perkampungan yang rata dengan tanah, hamparan pasir, hingga Gunung Merapi yang berdiri gagah.

Anda juga bisa menikmati sunrise dari kaki gunung yang akan memberikan sensasi berbeda.

Semua keseruan itu akan makin terasa saat Anda menaiki Jeep terbuka yang sangat cocok dengan medan lereng Gunung Merapi yang berbatu dan gersang.

Belum lagi, saat Anda harus melewati aliran sungai dengan tetap menggunakan Jeep. Sensasi berpetualang tentunya akan sangat terasa dan adrenalin Anda pasti benar-benar terpacu.

Jurang Tembelan terletak di dataran lebih tinggi dari Kebun Buah Mangunan. Oleh karena itu, dari gardu pandang, hamparan awan menyelimuti pandangan. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Jurang Tembelan terletak di dataran lebih tinggi dari Kebun Buah Mangunan. Oleh karena itu, dari gardu pandang, hamparan awan menyelimuti pandangan.

3. Kebun Buah Mangunan
 
Kebun Buah Mangunan adalah kawasan wisata di Jogja yang hemat bujet. Hal yang paling menarik dari kawasan wisata ini adalah pemandangan pegunungan Sewu serta Sungai Oyo yang menyatu memanjakan mata.

Karena lokasi Kebun Buah Mangunan yang berada di ketinggian, maka sudut pandang Anda akan sangat luas dalam menikmati pemandangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X