Pengamat: Langkah Tepat Batalkan Festival Rujak Uleg Surabaya

Kompas.com - 13/05/2018, 19:34 WIB
Risma ikut ramaikan Festival Rujak Uleg 2016, Minggu (29/5/2016) KOMPAS.com/Achmad FaizalRisma ikut ramaikan Festival Rujak Uleg 2016, Minggu (29/5/2016)

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Festival Rujak Uleg 2018 yang menjadi bagian dari rangkaian HUT ke-725 Kota Surabaya dibatalkan.

Hal tersebut dilakukan berkaitan dengan peristiwa pengeboman di tiga gereja di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5) pagi.   

Pengamat terorisme Al Chaidar pun menyambut baik langkah Pemerintah Kota Surabaya untuk membatalkan even ini.

“Ya sebaiknya memang itu (Festival Rujak Uleg 2018) dibatalin, sudah tepat langkahnya,” ujar Al Chaidar saat dihubungi KompasTravel, Minggu (13/5/2018).

Al Chaidar menjelaskan, bila event tersebut tetap digelar, maka bisa menjadi sebuah tempat keramaian.

Di mana para teroris nantinya menganggap bahwa di lokasi event terdapat orang-orang di luar kelompok mereka.

“Karena kalau nggak (dibatalin), dikhawatirkan mereka (teroris) akan improvisasi serangan. Kalau tidak bisa menyerang gereja dan pos polisi maka akan mengalihkan ke tempat keramaian itu sendiri,” kata Al Chaidar.

Festival Rujak Uleg 2018 seharusnya digelar pada hari ini di Jalan Kembang Jepun. Rencananya festival ini diikuti oleh 1.500 peserta.

Para peserta rencanya akan "menguleg" rujak bersama di cobek besar berdiameter 2,5 meter. Penyelenggara menyediakan hadiah total hampir Rp 100 juta dalam festival tersebut.

Akan tetapi, Pemkot Surabaya pun memilih untuk membatalkan even ini terkait keamanan.

“Betul, acara festival Rujak Uleg di Kembang Jepun dibatalkan dengan alasan kondisi keamanan terkini di Surabaya," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser.

Pada Minggu pagi tadi, terjadi ledakan bom di tiga gereja.

Ketiga gereja itu adalah Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jl Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuno.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X