Maskapai Pertama dengan WiFi Gratis di Indonesia - Kompas.com

Maskapai Pertama dengan WiFi Gratis di Indonesia

Kompas.com - 15/05/2018, 18:25 WIB
Ilustrasi wifi di bandaraManuel-F-O Ilustrasi wifi di bandara

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Akhir tahun ini Citilink akan jadi maskapai pertama yang menyediakan akses WiFi gratis ke penumpangnya.

Hal itu dipastikan usai penandatanganan kerjasama dengan pihak PT Mahata Aero Teknologi (MAT) pada 8 Maret 2018 lalu. Hingga saat ini masih dalam proses perancangan.

"Masih dalam proses perancangan dengan pihak lain. Di Q4 (kuarter 4) tahun ini targetnya satu pesawat terpasang (WiFi)," kata Vice President Corporate Secretary Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman, di sela penerbangan Citilink Jakarta-Surabaya, Senin (14/5/2018).

Pemasangan perangkat koneksi internet nirkabel itu dinilai membutuhkan waktu lama. 

Soal rute mana yang pertama kali akan dipasang WiFi, Ranty belum bisa memberikan bocoran. Namun menurutnya, rute tersebut merupakan rute favorit dengan tingkat keterisian 85 persen lebih.

Pesawat maskapai Citilink di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pesawat maskapai Citilink di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (14/5/2018).
"Waktu terbang minimumnya harus 1,5 jam lah, karena WiFi baru bisa bekerja setelah pesawat terbang stabil, dan mati saat akan mendarat," tuturnya pada KompasTravel.

Untuk teknis penggunaannya, penumpang bisa menikmati WiFi gratis setelah login dengan aplikasi.

"Kita belum tahu apakah akan ada aplikasi khusus, atau menggabungkan dengan aplikasi Citilink yang sudah ada," kata Ranty.

Proyek WiFi gratis ini akan berlangsung selama lima sampai enam tahun ke depan. Dengan target 50 pesawat Citilink baik rute Internasional maupun domestik terpasang.

"Kita nanti jadi satu-satunya maskapai di Indonesia yang memberikan pelayanan lebih berupa WiFi secara gratis ke semua penumpang, tanpa tambahan apapun," kata Ranty.

Sebelumnya maskapai Garuda Indonesia telah lebih dulu menyediakan fasilitas WiFi gratis, tetapi hanya untuk penumpang First Class.



Close Ads X