Ini Alasan Baju Pramugari Senior dan Junior Kerap Dibedakan - Kompas.com

Ini Alasan Baju Pramugari Senior dan Junior Kerap Dibedakan

Kompas.com - 15/05/2018, 20:25 WIB
Seragam baru ini rencananya akan digunakan oleh seluruh kru kabin Citilink pada Mei 2018. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Seragam baru ini rencananya akan digunakan oleh seluruh kru kabin Citilink pada Mei 2018.

SURABAYA, KOMPAS.com - Seragam awak kabin senior dan junior dalam penerbangan domestik maupun internasional kerap memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut ada yang mecolok, ada pula yang tidak.

Jauh dari tujuan diskriminasi, sebenarnya hal tersebut merupakan cara berkomunikasi maskapai kepada penumpang.

"Bukan diskriminasi, justru ini untuk service penumpang, supaya tahu kalau mau komplain atau butuh pelayanan lebih bisa ditujukan ke mana," kata Ranty Astari Rachman, Vice President Corporate Secretary Citilink Indonesia, dalam penerbangan Jakarta-Surabaya, Senin (14/5/2018).

Baca juga: Transformasi Seragam Pramugari Citilink dan Artinya

Menurut Ranty, lazimnya penumpang yang ingin komplain atau butuh pelayanan khusus akan memilih awak kabin senior atau disebut Flight Attendance 1 (FA1).

Cara membedakannya FA1, tentu saja dari seragamnya.

Para awak kabin Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Para awak kabin Garuda Indonesia berpose usai melakukan penerbangan bertajuk Kartini Flight di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/4/2017). Garuda Indonesia menggelar Kartini Flight dalam rangka menyambut Hari Kartini. Seluruh petugas penerbangan dari pilot, pramugari hingga teknisi adalah perempuan.
Di maskapasi Citilink Indonesia, awak kabin senior menggunakan seragam hijau tua. Sedangkan awak kabin junior menggunakan seragam berwarna hijau muda.

"Untuk yang laki-laki juga ada pembeda. Kalau yang pakai vest (rompi) saat terbang itu pramugara senior FA1, kalau yang polos tidak pakai vest itu junior," tutur Ranty.

Baca juga: Citilink Luncurkan Seragam Baru Pramugari, Ada yang Khusus Hijab

Untuk mencapai tingkat FA1, masing-masing maskapai memiliki tes berbeda terhadap pramugari dan pramugaranya. Tidak ada lembaga khusus yang menilai awak kabin masuk jenjang senior atau junior.

"Kalau dari Citilink misal selama dua tahun dia (awak kabin) memiliki jam terbang yang cukup tinggi, serta report yang bagus, operation test memenuhi kualifikasi, maka layak jadi FA1," pungkas Ranty.

Selain Citilink, maskapai Indonesia lainnya yang membedakan seragam pramugari ialah Garuda Indonesia.

Maskapai nasional tersebut bahkan memiliki empat tingkatan yakni pramugari junior, pramugari senior, Maitre D'Cabin, sampai Flight Manager Service.


Komentar

Close Ads X