Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Turis, Aceh Siapkan Lebih dari 100 Atraksi Wisata Alam dan Budaya

Kompas.com - 16/05/2018, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Aceh menyiapkan lebih dari 100 atraksi wisata alam dan budaya untuk menarik kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2018.

Pemerintah Aceh mengemas atraksi alam dan budaya tersebut dengan tema "Aceh Hebat melalui Ragam Pesona Wisata".

"Tahun ini target wisnus (wisatawan nusantara) 4 juta dan wisman (wisatawan mancanegara) 100 ribu orang," kata Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam acara launching Calender of Event Aceh 2018 di Kementerian Pariwisata, Senin.

Nova mengatakan promosi-promosi pariwisata Aceh dikemas dengan mengedepankan nilai-nilai pelestarian budaya Aceh dan nilai-nilai Islam.

"Kami mengalokasikan 230 milyar untuk mewujudkan pariwisata Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Pekerjaan Umum," katanya.

Beberapa event besar yang masuk kategori Atraksi Top Aceh 2018, seperti Aceh International Marathon, PKA VII, Gayo Alas Mountain International Festival, Tour de Leuser, Aceh International Freediving, Aceh Surfing Championship dan dua event 100 top event nasional Aceh Culinary Festival dan Aceh International Rapa’i Festival, telah disiapkan untuk memperkuat positioning Aceh sebagai destinasi wisata unggulan.

Aceh International Rapa’i Festival adalah atraksi seni musik perkusi yang berasal dari Timur Tengah yang dibawa oleh seorang penyair Islam bernama Syech Rapa’i.

Melalui atraksi seni musik ini, wisatawan dapat merasakan langsung nuansa kehidupan masyarakat Aceh yang berbudaya dan memiliki nilai seni tinggi.

Sementara Aceh International Marathon adalah atraksi wisata yang pertama sekali digelar di Aceh dengan memperebutkan hadiah hingga Rp 4 milliar akan berlangsung di Kota Sabang pada 29 Juli 2018 di Kota Sabang akan diikuti sektiar 5.000 peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com