Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Mendapatkan Penginapan Gratis

Kompas.com - 16/05/2018, 11:00 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua pengeluaran terbesar merencanakan anggaran liburan adalah tiket pesawat dan akomodasi. Salah satu menghemat pengeluaran liburan adalah dengan mencari penginapan gratis.

Modal Anda hanya biaya keanggotaan untuk situs-situs yang menawarkan kesempatan mendapat penginapan gratis. Cocok untuk Anda yang ingin backpacker ke luar negeri.

Cobalah 7 hal ini untuk mendapatkan penginapan gratis di negara tujuan liburan Anda.

Couchsurf

Sudah sejak lama, pelancong terutama tipe backpacker memanfaatkan penginapan gratis melalui komunitas Couchsurfing.com. Ini seperti Airbnb, tetapi gratis. Situs ini berdasarkan ulasan baik dari penyedia penginapan dan juga pelancong.

Tidak berarti Anda akan tidur di sofa jika menggunakan Couchsurfing.

Beberapa anggota, terutama para mantan backpacker dan orang-orang yang pernah hidup nomaden, menyediakan tempat tidur terpisah.

Mereka senang berbagi tempat untuk tidur demi mendapatkan teman-teman baru.

Untuk alasan keamanan, tidak ada salahnya Anda membayar untuk verifikasi resmi agar profil Anda terpercaya. Selain itu, sebagai tindakan sopan santun, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk tuan rumah yang akan dijumpai nanti.

Ada banyak pilihan tempat penginapan. Ada berbagai berita terkait keamanan para pengguna Couchsurfing. Jadi pastikan Anda mengecek ulasannya dan percaya pada insting Anda saat sudah sampai di lokasi.

Pesan jadwal malam hari

Bermalam di bus atau kereta bisa bertindak sebagai penginapan gratis. Ini adalah taktik klasik para backpacker yang akan bepergian dari satu kota ke kota lainnya.

Pilih jadwal keberangkatan pada malam hari sehingga Anda bisa tidur sepanjang perjalanan. Ada baiknya gunakan taktik ini untuk moda transportasi yang nyaman, seperti bus coach atau kereta dengan kelas bisnis.

Gunakan kartu kredit

Jika Anda pengguna kartu kredit, maka point reward kartu kredit bisa Anda manfaatkan untuk penginapan gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com